Pasca Kebakaran Pajak Tingkat Berastagi, Terkelin Motivasi Para Pedagang dan Beri Solusi

oleh -181 views

TANAH KARO | Paska kebakaran Pajak Tingkat Pusat Pasar Berastagi, Selasa dini hari tadi, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH motovasi dan beri dukungan moril kepada 535 pemilik kios/pedagang dan delapan pemilik ruko yang turut menjadi korban kebakaran, untuk tetap semangat mengahadapi bencana itu, Selasa (17/11/2020) di lokasi kejadian.

Dikesempatan itu, Terkelin Brahmana mengatakan, Pemkab Karo bersama Forkopimda, turut prihatin atas terjadinya bencana kebakaran itu. Kami juga ikut merasakan seperti apa yang dirasakan para pedagang dan pemilik kios.

“Namun demikian, bukan berarti kita harus larut dalam kesedihan dan terus galau. Berdoalah, minta petunjuk kepada Tuhan, agar semua peristiwa ini menjadi indah pada waktunya,” ujar Terkelin saat memberi penghiburan dan edukasi kepada para pedagang bersama Waka Polres Tanah Karo Kompol Hasian, Kasdim 0205 /TK Mayor Inf D. Marpaung. anggota DPRD Karo Jun Arif Bangun dan Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi.

“Pemerintah akan berusaha secepat mungkin mencari jalan keluar, agar aktifitas jualan yang selama ini sudah berjalan dengan baik, tidak lama terhenti dan segera teratasi. Karena jika dibiarkan berlama-lama keadaan ini, akan erdampak kepada kesulitan ekonomi rakyat, yang berimbas kepada kebutuhan kehidupan keluarga, termasuk biaya anak sekolah menjadi terancam,” ujarnya.

“Karena itu, kita sudah intruksikan kepada Dinas Perdagangan segera bangun Posko, guna menampung aspirasi dan keluhan pedagang/pemilik kios. Begitu juga pendataan ulang harus dilakukan, apa saja yang harus dirembukkan kedepan, sambilan menunggu pemerintah akan membangun kembali pusat pasar yang terbakar itu,” ungkapnya.

“Untuk tindakan awal, pihak Polres Tanah Karo telah memasang police line dalam rangka melakukan penyelidikan guna mengumpulkan fakta dan data, sehingga apa penyebab kebakaran dapat di identifikasi. Untuk itu mari kita serahkan tugas ini kepada pihak yang berwenang,” sebut Terkelin,

“Langkah awal penanganan korban kebakaran itu, pihak Pemkab Karo berencana untuk membangun tempat penampungan sementara (TPS) di badan jalan dekat eks lokasi kebakaran, dan opsi kedua akan kita berdayakan lokasi di gang merek Berastagi eks pajak lama,” terangnya.

Hal senada dikatakan anggota DPRD Karo Jun Arif Bangun dan Herty Delima Purba, pihaknya mendukung kebijakan yang dibuat Pemkab Karo, guna membangun tempat penampungan sementara, di dekat lokasi kebakaran.

Untuk mengantisipasi para pedagang tidak menganggur terlalu lama. Karena selama inipara pedagang menggantungkan hidupnya dari berjualan di pajak tingkat Berastagi.

” Untuk itu kami DPRD Karo, sepakat mendukung Pemkab Karo untuk membangun kios yang baru. Menyangkut soal anggaran, kami siap membantu dan mendukung supaya cepat terbangun agar para pedagang kembali aktif berjualan,” yandasnya.

“Menyahuti hal itu, perwakilan para pedagang berharap agar secepatnya mendirikan tempat pembanguna sementara (TPS) dilokasi eks kebakaran dengan memanfaatkan badan jalan, kami para pedagang setuju, namun kalau dipindah ke Pajak lama, sementara kami belum sepakat. Kami masih berembuk apa kesepakatan kami para pedagang,” tandas perwakilan pedagang.

Reporter : Daniel Manik