Panwaslih Abdya Gelar Diskusi dan Minta Media Sinergitas Dipileg

oleh -13 views
Ketua Panwaslih Abdya Ilman Saputra saat membuka diskusi media/working group di Aula Arena Motel Blangpidie. Kamis (4/8/2022). Foto/Ist

ABDYA | Jelang pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024, Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Diskusi Media/Working Group Diskusi Media bertema “Pemberitaan dalam pengawasan pemilu tahun 2024” berlangsung di Aula Arena Motel Blangpidie. Kamis (4/8/2022).

Ketua Panwaslih Abdya, Ilman Sahputra, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kita bersama semua pada hari ini untuk saling berdiskusi, saling memberi saran masukan pada pemilu di tahun 2022 mendatang.

“Khususnya di poksi Panwaslih selaku pengawas pemilu yang jujur, adil, bebas rahasia dan konduksif,” katanya.

Selain itu, kata Dia, media punya peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan khususnya di Abdya.

“Media menjadi pilar utama dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi. Karena itu, kami (Panwaslih) bersama intansi terkait sangat berharap sinergitas dan berjibaku dalam menyukseskan Pemilu 2024 mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BRAIN, Fajran Zain dalam materinya mengatakan hubungan antara awak media termasuk LSM, dan juga Ormas lainnya dengan Bawaslu sangatlah erat termasuk di Abdya sendiri. Semua komponen tersebut memiliki peran dalam mengawasi dan memberikan kontribusi informasi terhadap masyarakat.

“Tidak hanya sebagai pengontrol dalam mengawal jalannya tahapan Pemilu saja, namun juga sebagai corong penyiaran kepada masyarakat dalam memberikan informasi yang akurat sesuai dengan fakta sehingga masyarakat tidak mendapatkan berita-berita hoaks,” kata Fajran yang juga Dosen Fisipol UIN Ar-Raniry Banda Aceh.