Ombudsman: Camat Medan Polonia Harus Dievaluasi

oleh -127 views
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar saat menerima laporan warga terkait dugaan kecurangan pengangkatan Kepling 2 Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia (foto/ist)

MEDAN| Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar meminta Wali Kota Medan Bobby Nasution segera memanggil Camat Medan Polonia Amran Rambe terkait, pengangkatan Kepala Lingkungan II Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia atas nama Winta Sitepu.

Desakan ini disampaikan Abyadi setelah menerima laporan warga dikantornya, Jalan Sei Besitang, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (3/8/2021). Warga yang diterima langsung Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut dan timnya itu menjelaskan bahwa pengangkatan Winta Sitepu sehagai Kepling II, Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia itu diduga sarat dengan kecuranganp transaksional.

Karena tidak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 9 Tahun 2017 serta Peraturan Wali Kota Medan Nomor 21 Tahun 2021 tentang pedoman pengangkatan dan pemberhentian kepala lingkungan di Kota Medan.

Dalam Perda Nomor 9 Tahun 2017, pasal 14 ayat 2 disebut, untuk dapat diangkat menjadi kepala lingkungan harus memenuhi syarat umum dan syarat administrasi. Pada huruf e, diatur bahwa persyaratannya adalah penduduk lingkungan setempat yang terdaftar dan bertempat tinggal paling kurang dua tahun terakhir terhitung sebelum diterimanya berkas pencalonan kepala lingkungan oleh Lurah yang dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).