Ombudsman akan Panggil Kakanwil Kemenkumham Sumut

oleh -84 views

MEDAN| Ombudsman RI Perwakilan Sumut akan segera melayangkan surat panggilan klarifikasi kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut Imam Suyudi terkait dugaan penganiayaan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta baru-baru ini.

Sebetulnya, Ombudsman telah melayangkan undangan kepada Kakanwil untuk dimintai klarifikasinya pada Senin (27/9/2021) pukul 10.00 WIB. Namun, Kakanwil tidak hadir tanpa pemberitahuan.

“Rencananya akan segera kita layangkan surat panggilan,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar.

Dikatakannya, dalam kasus ini, Ombudsman tengah mendalami tentang dugaan penganiayaan dan pungli kepada WBP serta juga soal keberadaan Handphone (HP) di dalam Lapas. Kasus ini mencuat setelah unggahan video seorang WBP yang merekam WBP yang menjadi korban penganiayaan sipir di dalam Lapas. Belakangan video ini viral di media sosial. Selain mengundang Kakanwil, Ombudsman juga mengundang Kepala Lapas Kelas I Tanjung Gusta untuk mendalami kasus ini.

Penggunaan HP oleh WBP di dalam Lapas maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) secara tegas dilarang oleh Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan).