Nawal Lubis Soroti Sanitasi Masyarakat

oleh -61 views
Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Nawal Lubis bersama Ketua TP PKK Kabupaten Mandina Eli Marhani serta Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Utami, mengunjungi anak anak stunting di Bagas Godang Pidoli Dolok, Panyabungan, Madina, Rabu (15/6/2022). Foto/Ist

MADINA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis mengunjungi anak-anak stunting di Mandailingnatal (Madina). Hadir 23 anak stunting dari Desa Pidoli Dolok dan Desa Pidoli Lombang, Panyabungan, Kabupaten Madina.

Nawal Lubis sangat prihatin masih terdapat anak stunting di Sumut. Menurut data Survey Status Gizi Balita Indonesia (SSGI) tahun 2021 angka prevelansi stunting di Sumut berada pada angka 25,8%. Maka perlu kerja keras dan ekstra untuk menurunkan prevelansi tersebut hingga di bawah angka 14%.

Nawal pun menyoroti sanitasi masyarakat yang masih kurang baik. “Kita tidak bisa pungkiri masih ada sanitasi masyarakat yang kurang baik, persoalan sanitasi ini berpengaruh sekali dengan stunting ini,” kata Nawal, usai bertemu dengan anak stunting dan orang tuanya di Bagas Godang Pidoli Dolok, Panyabungan, Madina, Rabu (15/6).

Untuk itu, Nawal meminta seluruh pihak mulai dari pemerintah daerah, dan pihak lainnya untuk juga memfokuskan pada perbaikan sanitasi di masyarakat. “Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama membenahi sanitasi masyarakat agar lebih baik, ” kata Nawal.

Selain itu, Nawal juga meminta para orang tua dengan anak stunting maupun yang sedang hamil agar disiplin mengunjungi Posyandu atau Puskesmas secara rutin. Ia juga meminta para petugas kesehatan di desa harus memantau anak anak stunting agar bisa sehat.

“Ini orang hamil juga harus dipantau, apa yang dia makan, gizinya sudah cukup belum, juga sudah berapa anaknya, ini juga harus menjadi perhatian, ayo kita bersama-sama, ” kata Nawal.