banner 728x250

Nawal Lubis Dukung Pelestarian Permainan Tradisional di Sumut

Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis menerima audiensi Pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumut dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (9/8). (foto/ist)

Ketua KPOTI Sumut Agustin Sastra Harahap mengatakan, ada 14 Kabupaten/Kota yang sudah memiliki kepengurusan KPOTI dan sisanya masih proses pembentukan. “Sumut sangat luar biasa besarnya Bunda (Nawal Lubis), kami mengalami tantangan dalam mengembangkan ini, mengajak kepengurusan baik di Labusel, Langkat dan Medan, Alhamdulilah, semua bergerak bersama, bergerak sama-sama melestarikannya,” papar Agustin Sastra.

Menurut Sastra, kehadiran KPOTI bisa memberi manfaat yang besar untuk pengenalan permainan berbasis lokal kepada masyarakat, sehingga permainan ini bisa dilestarikan. Terkait momen HUT ke-76 Kemerdekaan RI, sesuai arahan Presiden, Agustus tahun ini menjadi bulan olahraga tradisional, berharap Sumut bisa berpartisipasi untuk memberikan nuansa kebahagian kepada masyarakat walaupun dengan konsep virtual.

“Covid-19 membuat adik-adik jenuh, untuk itu KPOTI Sumut bekerja sama dengan PKK Sumut akan melaksanakan lomba secara virtual yakni pembuatan vlog satu menit, permainan tradisonal yang dimainkan bersama keluarga dan kompetisi hias gapura. Perlombaan ini dikirim dalam bentuk video kepada KPOTI Sumut,” jelasnya.cr-03