Nawal Kukuhkan 20 Bunda PAUD Kabupaten/Kota

oleh -134 views
Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sumut Nawal Lubis mengukuhkan 20 Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Sumut secara virtual, sementara 3 (Tiga) di antaranya dikukuhkan secara langsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (10/9/201). (foto/ist)

MEDAN| Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis, selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sumut, mengukuhkan 20 Bunda Paud Kabupaten/Kota se-Sumut secara virtual, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudriman Nomor 41 Medan, Jumat (10/9/2021).

Pada kesempatan itu, Nawal Lubis menyampaikan, Bunda Paud berperan sebagai simbol, sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, serta sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintah.

Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting, karena saat itu dimulainya pembentukan mental dan karakter semasa kecil atau pada usia 0-5 tahun sebelum masuk sekolah pada tingkat pertama di sekolah dasar. Ini yang disebut masa-masa emas (golden age) pada si anak, yang diharapkan menjadi generasi emas (golden generation) bagi Indonesia.

Untuk membantu tugas-tugas Bunda PAUD, kata Nawal, saat ini Bunda PAUD telah memiliki Kelompok Kerja (Pokja) yang bertugas membantu para Bunda PAUD untuk menjalankan tugas. Pokja ini memiliki andil dalam membantu menjalankan program PAUD Holistik-Integratif (PAUD HI).

Selain itu, Nawal juga mengingatkan untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan para mitra kerja profesional seperti Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan organisasi masyarakat lainnya.

Nawal berpesan kepada Bunda PAUD yang baru dikukuhkan untuk menjaga amanah dan menjadi sosok bunda yang selalu di ingat oleh anak-anak penerus bangsa di daerah masing-masing. “ Bekerjalah dengan iklas demi kemajuan anak-anak Indonesia, khusunya Sumut,” ungkapnya.