Mudahkan Warga Rekam e-KTP, Disdukcapil Inovasi Program Abdya Oke dan Serakit

oleh -23 views

ABDYA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Barat Daya (Abdya) melalui program inovasi Abdya oke dan Serakit terus gencar melakukan perekaman data kependudukan bagi warga di berbagai gampong (desa) di sembilan kecamatan dalam Kabupaten berjulukan ‘Bumoe Breuh Sigupai ‘Abdya. Senin (27/6/2022).

Kadis dukcapil Abdya Jamaluddin, Spd.menyebutkan, Inovasi tersebut sudah berjalan sejak tahun 2021 dimana yang dimaksud program inovasi Abdya oke adalah (Ambil Berkas Diproses Yes Adminduk Oke), dan Serakit ialah (Senangkan Orang Sakit) Inovasi ini dengan tujuan memudahkan proses perekaman e-KTP dan berbagai macam kendala terhadap data kependudukan.

“Meski dengan beragam bentuk kekurangan, Disdukcapil Abdya terus melahirkan inovasi untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, Jamaluddin, Sejauh ini sangat banyak kekurangan yang dimiliki Disdukcapil Abdya, seperti belum memiliki gedung yang representatif, jaringan internet yang masih belum memadai, keterbatasan alat pendukung kegiatan Adminduk dan lainnya.

“Namun, hal itu tidak membuat Disdukcapil Abdya patah semangat, bahkan dengan beragam kekurangan dan keterbatasan pihaknya mampu mempermudah, mempercepat layanan Adminduk bagi masyarakat melalui inovasi Abdya Ok dan Serakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Tujuan digagasnya inovasi-inovasi tersebut, untuk memudahkan kalangan masyarakat yang tersebar dalam 152 desa dan 9 kecamatan di Abdya untuk mendapatkan layanan Adminduk secara lengkap.

Sambungnya lagi, Program itu dikhususkan untuk masyarakat yang sakit, cacat fisik dan cacat mental seperti orang dengan gangguan jiwa serta penyandang disabilitas serta masyarakat dengan kebutuhan lainnya.

Adminduk ini penting bagi siapa saja karena akan berhubungan langsung dengan dokumen lainnya seperti bantuan sosial, jaminan kesehatan dan keperluan lainnya.

“Jika seorang warga tidak memiliki Adminduk, katakanlah seperti e-KTP dan kartu keluarga tentu mereka akan susah untuk mendapatkan layanan kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah umum daerah,” ucapnya.

Ia berharap semua unsur yang terlibat di kecamatan mohon perhatiannya seperti camat, kepala desa dan kadus di minta membantu masyarakat dalam proses perekaman e-KTP. demikian harapnya.

Reporter : Nazli