Merubah Pola Penjualan Untuk Tetap Bertahan

oleh -88 views
Pemilik Usaha Sepatu Kotama di Medan Azri SMAK (foto/ist)

Dampak Pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bahkan kalau tidak pandai-pandai menyikapi dampak dari Pandemi Covid-19 bisa-bisa usaha yang sudah lama dirintis bisa tutup.

Beberapa pengusaha dan pengelola usaha kepada orbitdgitaldaily.com mengungkapkan mereka bisa bertahan dari dampak Pandemi Covid-19 karena merubah pola penjualan dari sistem menunggu pembeli dengan memasarkannya di media online (marketplace).

Azri SMAK salah satu owner Sepatu KOTAMA menuturkan sejak Pandemi Covid-19 dirinya sudah memasukkan produk sepatunya melalui Marketplace seperti di Lazada, Bukalapak, Shopie dan lainnya. Bahkan dirinya juga sudah memasukkan produknya ke sejumlah intansi pemerintah dan BUMD dan BUMN.

Salah satu Produk Sepatu Kotama di Gerai Sepatu Kotama Jalan Bhakti Medan (foto/Ist)

” Untung saja saya cepat mengantisipasi semua ini kalau tidak saya bisa tutup dan akhirnya merumahkan karyawan saya yang jumlah 20 orang,” kata Azri, Kamis (29/7/2021)

Sebagai pengusaha kita harus bisa membaca kondisi pasar saat ini, dimana di tengah Pandemi Covid-19 ruang gerak dibatasi maka kita perlu mengantisipasi dengan melakukan jual beli online. Selain itu saya mendatangi sejumlah kepadal daerah agar membeli produk lokal yang dibuat para pengusaha lokal. ” Jangan hanya selogan mencintai produk lokal namun produknya tidak dipakai. Makanya kepada Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution ketika saya bertemu dengan beliau di Kantor Wali Kota Medan seminggu setelah dilantik saya sampaikan agar produk lokal seperti usaha sepatu saya ini bisa dimanfaatkan dan dibeli untuk seluruh ASN di Pemko Medan,” kata Azri.