banner 728x250

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77, PLN Siap Sambung 5.600 Rumah Tangga Melalui Program Pemerintah Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

MEDAN| Jalankan program bantuan listrik gratis dari pemerintah, PLN UIW Sumatera Utara targetkan sambung listrik gratis sebanyak 5.600 sambungan untuk rumah tangga tidak mampu di Sumatera Utara.

Program Bantuan Pasang Baru Listrik dalam program BPBL diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berada di daerah 3T atau rumah tangga tidak mampu yang layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat setingkat.

“Program BPBL bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, pada momen Kemerdekaan RI ke – 77 ini PLN memenuhi kebutuhan listrik khususnya rumah tangga tidak mampu yang belum tersambung dengan listrik PLN,” ungkap Chairuddin, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Sumatera Utara.

Kegiatan yang berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini akan menyasar sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia yang tersebar di 2.152 Desa/Kelurahan di 17 Provinsi di Indonesia. Program ini dilaksanakan menggunakan pendanaan APBN tahun 2022.