Manuver Yusril, Ini Tanggapan Kubu Jokowi dan Prabowo

oleh -422 views
Foto/Merdeka.com

Manuver Yusril Ihza Mahendra menuai perhatian. Berbagai kalangan beramai-ramai memberi penilaian. Tak ketinggalan, kedua kubu Capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo juga ikut berkomentar.

Sosok pengacara pasangan calon nomor urut 01 Yusril Ihza Mahendra dinilai sebagai sosok profesional oleh Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK).

Jokowi menuturkan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut telah menunjukkan sikap profesionalnya sebagai ahli hukum. Bahkan, Jokowi menegaskan, Yusril tidak pernah melontarkan kritik kepada dirinya.

“Kita tahu profesionalitas dari Pak Yusril Ihza Mahendra. (Kritik) Enggaklah. Beliau itu di mana-mana profesional,” tutur Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus seperti dikutip di Republika, Selasa (6/11/2018).

Calon presiden yang berpasangan dengan Kiai Ma’ruf Amin tersebut mengakui, keputusan bergabungnya pengacara Yusril karena adanya permintaan dari TKN KIK. Jokowi menyambut baik keputusan Yusril tersebut.

Bergabungnya Yusril sebagai kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf juga mendapatkan tanggapan dari kubu pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebab, pada pilpres 2014 lalu, Yusril menjadi kuasa hukum Prabowo dalam kasus sengketa hasil pilpres dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Djoko Santoso, mengaku tidak mempermasalahkan bergabungnya Yusril menjadi pengacara Jokowi-Ma’ruf. Karena dalam demokrasi, semua bebas menentukan pilihannya.

Djoko mengaku pernah bertemu Yusril pada saat deklarasi kampanye damai di Monas, Jakarta, beberapa waktu lalu. Namun, dalam pertemuan tersebut, Djoko menuturkan, tidak ada pembicaraan untuk mengajak pakar hukum tata negara itu bergabung, baik sebagai pengacara maupun untuk mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga. OD-02