Lima Pekerjanya Diamankan, Pengusaha Kafe Tuding Satpol PP Taput Lakukan Penculikan

oleh -967 views
Khairul Panggabean pemilik Kafe "KM" berikan keterangan di Kantor Satpol PP Taput, Senin (25/2/2019). ORBIT/Dok

Tarutung-ORBIT: Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tapanuli Utara dikabarkan tangkap dan mengamankan 5 orang pekerja kafe dan menitip pekerja ke panti rehabilitasi tanpa koordinasi kepada pengusaha.

Penangkapan kelima pekerja atas nama  Siska, Dewi, Nila, Ija dan Winda terjadi pada hari Sabtu (23/2) sekira pukul 22.00 WIB dari Kafe KM Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatas Barita Tapanuli Utara.

Informasi penangkapan tersebut diterima Orbitdigitaldaily.com dari Khairul Panggabean (35) pemilik usaha Kafe “KM” di Tarutung, Senin (25/2/2019).

“Kelima pekerja yang kami nyatakan diculik oleh oknum Satpol PP antara lain Siska, Dewi, Nila, Ija dan Winda pada Sabtu (23/2) sekira pukul 22.00 WIB,” terang Khairul Panggabean.

Diterangkan Khairul, saat kehadiran Satpol PP dengan mengendarai mobil pribadi jenis Toyota Kijang Kapsul. Saat kejadian dia sedang berada diluar lalu mengetahui kejadian lewat pekerja via telepon seluler.

“Dan pada pukul 23.00 WIB malam saya mendatangi kantor Satpol PP dan bertemu dengan saudara Rudi Sitorus guna mengklarifikasi alasan penangkapan. Namun jawaban Satpol PP saat itu kurang jelas alasan penangkapan,” ujarnya.

Khairul Panggabean merasa keberatan atas upaya penangkapan sepihak yang hanya dilakukan di lokasi usahanya tanpa koordinasi kepada pemilik usaha.

“Upaya klarifikasi alasan penangkapan serta keberadaan pekerja saya yang ditangkap belum berjawab sampai hari ini dari saudara Rudi Sitorus selaku Kasatpol PP. Untuk memastikan benar tidaknya standard operasi prosedur penangkapan ini, akan kita laporkan ke pihak Polri besok hari,”  ungkap Khairul Panggabean.

Rudi Sitorus SSos, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Tapanuli Utara setelah berulangkali dihubungi lewat telepon seluler belum bersedia memberi klarifikasi kepada Orbitdigitaldaily.com.

Begitu juga wawancara lewat Whats App perihal Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan dan penangkapan kelima pekerja belum berjawab hingga berita ini dilayangkan ke redaksi.

Disambangi dikantornya, salah seorang pegawai Satuan Polisi Pamong Praja di kantor Satpol PP Taput, menyebut, pimpinannya sedang mengukuti rapat di Medan.

“Bapak Kasat Rudi Sitorus sedang berada di Medan ikuti rapat koordinasi jajaran Satpol PP se-Sumut. Tolong wawancara lewat hand phone saja pak”, kata salah seorang pegawai yang meminta namanya disamarkan. Od-Jum