Launching BKIPM Peduli Sosial 2021, Wabup Deliserdang : Membantu Perekonomian Masyarakat

oleh -11 views

DELISERDANG :

Launching Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Peduli Sosial merupakan rangkaian acara Bulan Mutu Karantina tahun 2021 tentunya akan berdampak baik terhadap kehidupan dan juga membantu perekonomian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan protein hewani melalui komoditas perikanan.

Apalagi bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat di empat Kecamatan. Yaitu,  Kecamatan Lubuk Pakam, Batang Kuis, Beringin dan KPagar Merbau.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut. Sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat di Kabupaten Deliserdang yang dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini.

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang M Ali Yusuf Siregar ketika Lounching BKIPM Peduli Sosial sebagai rangkaian dari Bulan Mutu Karantina yang ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (4/5/2021), di Aula Cendana Lantai 2 Kantor Bupati Deliserdang.

“Saya berharap, kepada penerima paket edukasi ikan sehat bermutu, semoga paket yang diterima bermanfaat dalam pemenuhan pangan dan gizi  keluarga, serta  dapat mengurangi beban ekonomi di tengah situasi pandemi covid-19 ini”, kata Ali Yusuf Siregar. 

Kemudian, Sekretaris BKIPM RI Hari Maryadi juga menyampaikan, bahwa saat ini mendukung program pemerintah untuk bagaimana menekan angka stunting yang masih di angka 35%.

“Kami berharap, dengan pemenuhan protein masyarakat melalui ikan, dapat juga  membantu pemenuhan protein masyarakat. Oleh karena itu,  pembagian ikan yang sehat dan bermutu menjadi program utama. Sehingga terus   bersama sama makan ikan sehat”, ujar Hari Maryadi.

Sebelumnya, Kepala Dinas  (Kadis) Perikanan Deliserdang Syarifah Alwiah dalam laporannya menjelaskan, bahwa  kegiatan Peduli Sosial dalam rangka Bulan Mutu Karantina dilaksanakan selama dua hari yaitu, mulai tanggal  4 Mei hingga 5 Mei 2021, bertempat di empat Kecamatan dengan lokasi sasaran. “Yaitu,  Kecamatan Beringin, Batang Kuis, Pagar Merbau dan Lubuk Pakam, yang diawali dengan pelaksanaan pemberian bantuan secara simbolis”, kata Kadis Perikanan Pemkab Deliserdang.

Sasaran dari kegiatan ini adalah, Syarifah Alwiah menjelaskan, masyarakat Kabupaten Deliserdang dengan jumlah bantuan sebanyak 1000 paket. Dimana, masing-masing paket berupa ikan segar sebanyak 3 kg.

Dengan rincian, sambung Syarifah Alwiah,  Kecamatan Beringin sebanyak 275 paket, Kecamatan Lubukpakam 275 paket, Kecamatan Batangkuis 200 paket, Kecamatan Pagarmerbau 200 paket untuk 200 Kepala Keluarga (KK).

Kemudian,  1 Panti Asuhan dan 1   Pesantren yang  masing-masing mendapat 25 paket ikan,  125 kg beras, 24 liter minyak makan, dan 1 kotak sarden kaleng.

“Perku kami samapikan, kegiatan peduli sosial ini adalah merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan BKIPM Medan I dalam rangka Bulan Mutu Karantina tahun 2021 yang diawali dengan pelepasan export perdana komoditas kepiting pada tanggal 14 April yang lalu di Kantor BKIPM Medan I”, sebut Sayrifah Alwi.

Selanjutnya, Kadis Perikanan Pemkab Deliserdang  juga menyampaikan bahwa, kedepan kita telah meminta kepada BKIPM Medan I untuk dapat bekerjasama dengan Pemkab Deliserdang melalui Dinas Perikanan berupa pembinaan khusus kepada masyarakat.

“Padahal, selama ini sebenarnya sudah melakukan kegiatan export, tetapi masih belum mandiri. Maknya kita perlu mendorong agar mereka mau melaksanakan kegiatan tersebut secara mandiri”, ujar Syarifah Alwi

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan  Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Hari Maryadi, Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Perikanan Medan I Muhammad Burlian.  

Asisten II Putra Jaya Manalu, Kadis Pertanian Deliserdang Kamaluddin Ginting, Kepala Kantor PPBC Kualanamu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 2 Kualanamu.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan