Lahan Sport Center Provsu Seharga Rp 152,951 M Ditanam Jagung

oleh -1.432 views
Lahan Sport Center Provinsi Sumut ditanam Jagung. (Foto/Ist).

MEDAN I Lahan Sport Center seluas 209 hektar seharga Rp152,951 miliar. Berada di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang – Sumut, kini seolah beralih fungsi lahan tidur menjadi lahan pertanian.

Menurut informasi masyarakat, luas lahan yang ditanami tanaman jagung mencapai sekitar 50% luas wilayah Sport Center dan disinyalir cukong besar mengendalikan pembiayaan para petani.

Alhasil, sejumlah masyarakat sekitar tergiur memanfaatkan kesempatan tanam jagung dengan sistem sewa sampai panen karena dijaminan sejumlah ormas tertentu dan pihak pemerintah desa.

“Luas lahan yang di tanami kurang lebih setengah luas jumlah wilayah sport center. Para petani menyewa dari oknum ormas dan pihak pemerintah desa yang telah memiliki hubungan kedekatan dengan kesepakatan penanaman  sampai panen. Dan ada cukong besar yang membiayai seluruh petani untuk modal bertani tanaman jagung,”ujar sumber kepada orbitdigitaldaily.com, Rabu (13/10/2021).

Padahal Tanah milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara lewat flank terpampang pemberitahuan dilarang membongkar bangunan dan menebang tanaman serta mengambilnya yang sudah diganti rugi Pemprovsu.

Dan dilarang menguasai dan menggunakan tanah lokasi Sumut Sport Center tanpa seizin Pemprovsu

Hal tersebut sesuai dengan surat Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Nomor : 426 2/2575/Disporasu/2020.