Kwarda Sumut Lantik Ashari Tambunan Sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka

oleh -33 views
Bupati H Ashari Tambunan ketika dilantik sebagai Ketua Majelis Pebimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Deliserdang Masa Bakti 2020-2025 oleh Ketua Kwartir Daerah (Kawrda) Sumatera Utara H Nurdin Lubis, Kamis (18/02/2021) di Aula Cadika .

DELISERDANG |Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dilantik sebagai Ketua Majelis Pemimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka  Masa Bakti 2020-2025 oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Utara (Sumut) H Nurdin Lubis SH MM, Kamis (18/03/2021), di Aula Cadika.

Setelah dilantik oleh Ketua Kwarda Sumut Nurdin Lubis, Ketua Mabicab Ashari Tambunan kemudian melantik Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) H Muhammad Ali Yusuf  beserta pengurus  dan Badan Kelengkapan  Gerakan Pramuka Kabupaten Deli Serdang untuk Masa Bakti 2020-2025.

Dalam sambutannya Nurdin Lubis, menjelaskan, bahwa Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang mempunyai nilai strategis guna membekali generasi muda yang disiplin, bertanggung jawab dan berbudi luhur.

“Gerakan Pramuka ini membantu pemerintah. Oleh karenanya, kami titip kepada semuanya dan juga saya mengajak mari kita siapkan waktu untuk pembinaan generasi muda yang berkarakter berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa,” jelasnya.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Deliserdang Masa Bakti 2020-2025, Ashari Tambunan, ketika memberikan kata sambutan,
Kamis (18/03/2021), di Aula Cadika.

Ketua Kwarda Sumut menyebutkan, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan bisa membawa pramuka menjadi lebih baik lagi dan juga bisa mempertahankan predikat sebagai Kwarcab tergiat di Sumut.

“Saya yakin, jika melalui Gerakan Pramuka akan lahir cikal bakal pemimpin masa depan”, sebutnya.

Kita ketahui bersama-sama dan kita bersyukur, ungkap Nurdin Lubis,  bahwa kakak Ashari Tambunan selaku Bupati Deliserdang telah membangun fasilitas perkantoran dan lahan cadika sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan kepramukaan.

“Oleh karena Kwarda Gerakan Pramuka Sumut sangat menghargai dan salut serta mendoakan agar cita cita luhur kakak Ashari Tambunan selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Deliserdang dapat membesarkan organisasi gerakan pramuka ini terwujud. Sehingga, jati diri sebagai Kabupaten Pramuka dapat menjadi percontohan bagi Kwarcab Kabupaten/Kota lainnya di Sumut”, ungkap Ketua Kwarda.

Sementara, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, selaku Ketua Mabicab  Gerakan Pramuka mengatakan, sesungguhnya dan sangat penting bagi kita untuk berperan aktif dalam kegitan Gerakan Pramuka.

Karena, sambung Ashari Tambunan,  melalui gerakan ini kita dapat mempersiapkan pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan. “Melalui Gerakan Pramuka ini kita mempersiapkan mental, pisik, integritas kepribadian, bahkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan generasi muda untuk pada saatnya siap mengemban tugas yang lebih mulia, lebih besar untuk kepentingan bangsa dan  negara serta agama”, katanya.

Sejarah menunjukkan, lanjut Ashari Tambunan,  bahwa bangsa-bangsa yang maju itu karena sumber daya manusianya (Human Capital) unggul dan maju. “Apalagi, Deliserdang kita ini memiliki segalanya, sumber daya alam, wilayah yang luas, penduduk yang besar, posisi geografis yang strategis. Para pendahulu kita telah membangun sebuah tatanan yang kokoh dan unggul sehingga menjadi barometer dan identitas spesifik Kwarcab. Sehingga Deliserdang yang kita cintai ini digelar sebagai Kabupaten Pramuka”, ujarnya.

Oleh karena itu, pesan Ashari Tambunan, hanya satu kata yang harus kita ikrarkan dan tekadkan. Masa depan Deliserdang haruslah gemilang, jaya sebagaimana yang dicita-citakan oleh pendahulu dan pemimpin-pemimpin terdahulu.

“Insha Allah kita bisa, yaitu dengan cara mempersiapkan sumber daya manusia kita, yaitu human capital kita yang unggul, maju,  berpengetahuan,  sehat jasmani dan rohani, bermental baik dan rukun satu sama lain. Inilah pentingnya mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan serta manajemen organisasi yang baik pula. Inilah arti pentingnya Gerakan Pramuka”, sebutnya.

Kemudian, Ashari Tambunan menyarankan, perbanyaklah memberikan pengalaman kepada mereka. Dengan niat dan tujuan  agar mereka tahu bahwa untuk mencapai sesuatu  yang mulia tidak pernah ada jalan yang lunak. “Mereka harus mengalami sendiri tantangan demi tantangan, rintangan demi rintangan, permasalahan demi permasalahan agar mentalnya tangguh, kuat, ulet dan tidak mudah menyerah serta putus asa”, kata orang nomor satu di Kabupaten Deliserdang itu.

Foto bersama Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabvang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Deliserdang Masa Bakti 2020-2025,
Kamis (18/03/2021), di Aula Cadika.