Kunjungi Warga Korban Kebocoran Pipa Gas Perusahaan Panas Bumi, BASARA Berikan Pendamping Psikososial

oleh -55 views

PANYABUNGAN |Pengurus Badan Penanggulangan Bencana Al Washliyah (BASARA) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memberikan pendampingan psikososial bagi warga masyarakat  yang diduga korban akibat kebocoran pipa gas perusahaan panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), Senin (25/01/2021) kemarin, di Kecamatan  Puncak Sorik Marapi Kabupaten Madina.

 “Kedatangan Keluarga Besar Al Washliyah adalah meyampaikan duka cita atas pristiwa yang menimpa warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi kemarin”, kata Ketua BASARA  Al Washliyah Abdi Paruntungan Hasibuan didampingi Rahmat Arbal Pulungan ketika menyambangi warga ditempat pengungsian Mesjid Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan, Selasa (26/01/2021).

Sebagai masyarakat Madina, ungkap Abdi Paruntungan Hasibuan, kami tentunya mengenal filosofi ‘Dalihan Natolu’.  “Artinya, kami sangat  merasakan penderitaan warga yang mengungsi ini yang  merasa tidak tenang, tidak nyaman dan penuh dengan ketakutan akibat dari dugaan kebocoran pipa gas  sumur bor baru milik PT SMGP “, ungkapnya.

Untuk itu, sambung  Abdi Paruntungan, kehadiran BASARA Al Washliyah merupakan bentuk dari tanggung jawab moral dan sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang menimpa masyarakat Madina atas kejadian yang  telah merenggut korban jiwa.

“Dalam persfektif agama, kejadian ini  merupakan ketentuan dari Allah. Karena Dialah yang maha menentukan dan maha mengetahui segalanya. Namun kita juga harus berusaha meminta kepada pemangku kepentingan agar serius menyelesaikan dan menangani masalah ini”, ujarnya Pengurus Basara itu.

Kemudian, sambung Mantan Bendahara Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabnag Padang Sidempuan itu,  ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa ini. Terutama  masalah keselamatan warga yang berdomisili disekitaran daerah kontrak kerja PT SMGP. “Prinsip Salus populi suprema lex esto atau keselamatan rakyat harus diuatamakan. Ini merupakan hukum tertinggi dan harus benar benar diaplikasikan pada tataran empiris ditengah tengah kehidupan masyarakat”,ucapnya.

Selain itu, Abdi Paruntungan Hasibuan juga menegaskan, bahwa BASARA Al Washliyah mendukung sepenuhnya langkah aparat hukum untuk malakukan penyidikan dan  penyelidikan serta mengusut tuntas pristiwa yang diduga kelalaian PT SMGP demi tegaknya supremasi hukum dan terciptanya kenyamanan masyarakat sehingga suasana  kondusif di Kabupaten Madina.

Reporter : Sulaiman Nasution