KPUD Karo Mulai Lipat Surat Suara Pemilu 2019

oleh -316 views
Puluhan masyarakat dilibatkan dalam pelipatan kertas suara di KPUD Karo. ORBIT/David

Karo-ORBIT: Penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 untuk wilayah Kabupaten Karo mulai dikerjakan di aula kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, jalan Selamat Ketaren No 9, Kabanjahe, Senin (25/2).

Informasi dihimpun, KPUD Karo menerima sebanyak 1.433.997 lembar kertas suara untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres).

Hal ini disampaikan Kasubag Umum KPUD Karo Ahmad Jhon Sikumbang kepada Orbit di kantor KPUD Karo, Kabanjahe.

Menurut Jhon Sikumbang, saat ini KPUD Karo baru menerima surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. Sedangkan untuk surat suara DPD dan Pilpres belum diterima. Dan untuk penyortiran dan pelipatan kertas suara tersebut juga dikatakannya telah diserahkan kepada pihak ketiga.

“Penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 2019 ini sudah dilakukan sejak Jumat (22/2) kemarin. Kita targetkan selama 14 hari kerja semua sudah rampung,” ujar Ahmad Jhon Sikumbang.

Ditambahkan Jhon, selama tiga hari pelaksanaan penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 2019 telah melibatkan puluhan pekerja. Pada hari pertama sebanyak 48 orang, hari kedua 58 orang dan hari ketiga 72 orang. Kerusakan kertas suara sampai hari kedua pun baru sebanyak 22 lembar.

Jhon menjelaskan, saat ini kotak suara yang ada di KPUD Karo sebanyak 5.345 kotak suara. Sedangkan untuk kebutuhan saat ini sebanyak 5.705 kotak suara. Untuk itu dirinya mengaku, pihak KPUD Karo telah membuat pengusulan penambahan kotak suara ke KPU RI.

Amatan Orbit, sejumlah pekerja sedang melakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara di aula kantor KPUD Karo diawasi beberapa anggota Kepolisian.

Setiap kertas suara yang selesai dilipat, dimasukkan ke dalam sebuah kardus dan selanjutnya disimpan ke dalam gudang di kantor KPUD Karo. Od-22