Kontroversi Permaisuri Baru Thailand, Mantan Pengawal Raja hingga Selingkuhan Raja

oleh -1.993 views
In this photo released by Bureau of the Royal Household ,Thailand's King Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun, left, sits with Queen Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya at Ampornsan Throne Hall in Bangkok, Thailand, Wednesday, May 1, 2019.Thailand's King Maha Vajiralongkorn, who will have his official coronation on Saturday, has appointed his consort as the country's queen. An announcement Wednesday in the Royal Gazette said Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya is legally married to the 66-year-old king, and is now Queen Suthida. (Bureau of the Royal Household via AP)

Nama Suthida Vajiralongkorn Na Ayutthaya tak asing bagi warga Thailand. Namun nama perempuan 40 tahun ini membuat geger lantaran secara resmi dipersunting Suthida Vajiralongkorn Na Ayutthaya.

Ya, Setelah menduda beberapa tahun Maha Vajiralongkorn menikahi Suthida yang merupakan mantan pengawal sang raja.

Tidak diketahui pasti kapan pernikahan sang raja dan Suthida terjadi, namun keduanya dikabarkan sudah resmi menikah. Kabar pernikahan ini terkuak tiga hari sebelum penobatan sang Raja.

Suthida sudah dikenal oleh rakyat Thailand sebagai selingkuhan Raja Maha sebelum ia bercerai dari Srirasmi Suwadee. Isu perselingkuhan ini sudah lama terdengar dan dugaan tersebut kini seolah dibenarkan dengan adanya pernikahan mereka.

Suthida adalah mantan pramugari Thai Airways. Kabarnya, wanita 40 tahun itu mengenal sang Raja saat keduanya bertemu di pesawat yang sama.

Di 2013, Suthida kemudian bergabung di tim keamanan kerajaan dan menjabat sebagai komandan untuk keamanan raja. Tugasnya kurang lebih menjadi pengawal untuk Raja Maha.

Sosok Raja Maha cukup kontroversial karena ia tipe pria flamboyan. Beberapa kali ia kerap tersandung kasus perselingkuhan. Tak heran jika rumah tangganya selalu berakhir dengan perceraian. Dia telah menikah sebanyak empat kali dan memiliki enam anak.

Pria 66 tahun itu mendapatkan gelar raja di tahun 2016 setelah ayahnya meninggal Bhumibol Adulyadej. Pada Rabu (1/5/2019) malam, seremoni pernikahan dengan Suthida dilangsungkan. Tampak Raja Maha menggunakan busana putih dan wanita yang segera memiliki gelar ratu itu memakai baju pink.