Komisi A DPRD Langkat Gelar RDP Terkait Persiapan Pilkades 2022

oleh -227 views

LANGKAT| Dari 240 desa di Langkat, terdapat 170 desa akan mengikuti pesta demokrasi di tingkat pemerintahan desa, yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Langkat. Pilkades direncakanan akan berlangsung pada 31 Mei 2022 mendatang. Hal demikian dikatakan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Langkat, Basrah Pardomuan, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A DPRD Langkat, dengan agenda acara persiapan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2022, Kamis (6/1/2022).

RDP dilaksanakan diruang rapat paripurna DPRD Langkat yang dipimpin Ketua Komisi A Dedek Pradesa, dan dihadiri perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kepala Dinas Dukcatpil Faisal Rizal Matondang, Kabag Hukum Alimat Tarigan, para Camat dan para Ketua APDESI Kecamatan.

Dalam keterangan yang disampaikan Plt. Asisten, ada 63 Kepala Desa yang telah berakhir masa tugasnya sebagai Kades tertanggal 21 Desember 2021. Dari 63 desa ini, ada 3 desa yang mengikuti Pilkades tahun 2019. Dan ada 110 Kepala Desa yang akan berakhir masa tugasnya sebagai Kades tertanggal 23 Mei 2022.

“Untuk Kades yang berakhir masa tugasnya tanggal 21 Desember 2021, telah ditunjuk Penjabat (Pj) Kades untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan desa,” sebutkan Plt. Asisten.

Menyambung apa yang disampaikan Plt. Asisten, Kadis PMD melalui Kabid Pemdes Dinas PMD Langkat, Selfian Ardy, menjelaskan, bahwa Pj Kades itu sama fungsinya dengan Kades definitif. Pj juga bisa mencairkan BLT untuk masyarakat. Pihaknya juga memaparkan rencana tahapan-tahapan yang dituangkan dalam draft Peraturan Bupati Langkat terhadap pelaksanaan Pilkades.