Khutbah Jumat, Ustad Herwansyah: Tiga Ciri Umat Cinta Nabi Muhammad

oleh -4.432 views

MEDAN l Di dalam kitab Muhammad Basyarul Kamil yang ditulis oleh seorang pujangga dan ulama besar bernama Muhammad Jabal Maula dikatakan, ada tiga ciri orang cinta kepada Nabi Muhammad Saw.

Dalam kajian Jumat (24/09/2021) di Masjid Raya Miftahul Iman Jalan Panglima Denai Medan, Al Ustad Iwan Herwansyah SH menyebutkan, tiga ciri menurut ulama tersebut yaitu,

  1. Tanda cinta kepada Nabi ialah orang itu mau membela agama yang dibawa oleh Rasulullah Saw.

Untuk membuktikan seseorang kukuh membela Islam sebagai agamanya, tentu orang tersebut harus tau dan mengenal Allah dan rasulnya.

Sebagaimana para pahlawan kita dahulu, tidak akan mungkin menumpahkan darahnya dan nyawanya untuk memerdekakan negara Indonesia, jikalau mereka itu belum mengenal Indonesia.

Umar bin Khattab, sebelum mengenal Nabi Muhammad, dia termasuk 1 dari sekian manusia yg ingin membunuh nabi. Namun setelah mengenal Nabi Muhammad, Umar termasuk dalam barisan terdepan yang rela mempertaruhkan nyawanya untuk membela nabi.

Jadi kalau hari ini, ada ummat Islam yang tidak tergerk hatinya untuk membela agama Allah, jangan jangan dia belum mengenal Allah dan mengenal agama Islam.

Cara mengenal Allah dan agama, tak lain yaitu dengan menghadiri majlis majelis taklim yang subtansi kajiannya memperkenalkan kita dengan Allah dan agama kita.

Rasulullah memiliki sifat, apabila harga dirinya, keluarganya dihina oleh orang orang kafir, Baginda Rasulullah Saw berdiam diri dan sabar. Akan tetapi apabila agamanya dihina, Allah dihina, maka rasul mengajarkan kepada orang orang beriman untuk maju ke depan membela agama Allah.