Ketua Komisi A “Bungkam” Soal Tahanan Polres Taput Tewas, Pengamat Hukum : Dewan Harus Peka

oleh -931 views
Andy Tonggo Michael Sihombing SH M.AP. (Foto/Ist).

MEDAN I  Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapanuli Utara Ombun Simanjuntak memilih tak banyak bersuara pasca peristiwa meninggalnya tahanan narkoba Polres Tapanuli Utara beberapa waktu lalu.

“Saya tidak dapat beropini atau memberi komentar dalam hal apa sebab akibat dari peristiwa meninggalnya alm DS dari pada tahanan tersebut. Kita serahkan kepada yang berwenang,” ujar Ombun menangapi konfirmasi orbitdigitaldaily.com. Senin(18/10/2021) malam.

Pengamat Hukum Andy Tonggo Michael Sihombing SH M.AP menyebut sebagai Ketua Komisi A DPRD Taput harus memiliki kepekaan sosial dan hukum.

Pasalnya, salah satu kewenangan DPRD adalah berhak meminta pejabat negara tingkat daerah, pejabat pemerintah daerah, badan hukum, atau warga masyarakat untuk memberikan keterangan.

Selain itu, DPRD harus bisa merepresentasikan kepercayaan publik yang diberikan rakyat lewat pemilihan legislatif dengan cara mempergunakan kewenangannya untuk mendesak POLRI untuk bekerja lebih transparan, accountable dan professional dalam mengungkap dugaan ketidakwajaran kematian DS.

“Disaat itulah konstituennya merasa benar dan yakin bahwa wakilnya benar-benar berpihak kepada masyarakat dan keadilan itu nyata,”kata Andy Tonggo menangapi komentar Ombun Simanjuntak, Rabu(20/10/2021).