Ketua Bawaslu Medan : Pengawasan Pemilu Tanggungjawab Kita Bersama

oleh -152 views
Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap (foto/Januar Arifin)

MEDAN| Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan Payung Harahap menegaskan bahwa kesuksesan pengawasan Pemilu bukan hanya milik Bawaslu semata melainkan milik seluruh elemen masyarakat Indonesia sehingga pengawasan Pemilu itu merupakan tanggungjawab kita bersama.” Bahwa garda terdepan pengawasan Pemilu itu ada di Bawaslu itu benar, tapi sesungguhnya Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dan harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan ” kata Payung ketika ngoborol di Podcast Ngorbit, Kamis (16/9/2021) di Studio Podcast Harian Orbit.

Dijelaskan Payung ternyata masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang aturan pengawasan Pemilu sehingga mengakibatkan minimnya laporan tentang pelanggaran Pemilu yang tahapannya sangat panjang.” Pemilu 2019 lalu yang tahapan kampanyenya sangat panjang di Kota Medan itu minim laporan. Hal ini mengindikasikan bahwa ternyata masyarakat kita banyak yang tidak tahu atau tidak mengerti terhadap aturan pengawasan Pemilu. Sehingga Bawaslu RI dan jajarannya membuat program Pengawasan Partisipatif. Artinya masyarakat dilibatkan dan dididik untuk bisa melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pemilu,” kata Payung.

Dijelaskan Payung, Bawaslu sudah membuat program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengawasan Pemilu dan ini sudah berjalan yang tujuannya agar masyarakat bisa melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pilkada.

” Bawaslu Medan sendiri sudah dua kali mengirimkan utusannya dari perwakilan masyarakat untuk mengikuti SKPP tersebut. Bahkan yang terbaru kemarin di Simalungun Bawaslu Medan mengirimkan sebanyak 62 orang perwakilan masyarakat untuk mengikuti SKPP ini. Kita berharap masyarakat yang sudah mengikuti SKPP ini bisa menjadi duta -duta pengawasan di tengah-tengah masyarakat,” kata Payung kembali.

Payung juga berharap dengan adanya kader kader dari SKPP ini paritisipatif pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat lebih baik khususnya nanti pada pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. ” Pemilu 2024 mendatang kita berharap tingkat pengawasan dari masyarakat lebih baik lagi agar kualitas Pemilu menjadi lebih baik pula,” demikian Payung. cr-03