Kerap Amblas, Oprit Jembatan Berlubang Luput Dari Perhatian Pemkab

oleh -245 views
Warga beramai-ramai memasang tanda dilokasi oprit jembatan yang amblas dan belubang, Selasa (18/2). ORBIT/M Saleh

Singkil-ORBIT: Sejak beberapa tahun terakhir, kondisi jembatan Desa Suka Makmur Kec. Singkil dibagian oprit sering amblas, serta berlubang dan dikhawatirkan mengancam keselamatan pengendara yang melintas.

Akibatnya warga yang melintas pada malam hari acapkali nyaris terjebak dilubang berdiamater sekira 1 meter lebih, yang cukup dalam tersebut. Ironisnya meski telah berlangsung lama, namun kondisi tersebut luput dari perhatian pemerintah kabupaten.

Kepala jembatan tetap terus berlubang dan dibiarkan begitusaja tanpa ada upaya perbaikan.

Khawatir bakal mengancam keselamatan pengendara yang melintas, sejumlah warga pun berinisiatif memasang tanda dengan kayu dan tali pelastik di lobang tersebut, Selasa (18/2).

Menurut Irzal Chaniago salah satu warga yang sedang melintas, kepada Orbit, Selasa (19/2/2019) mengungkapkan, kondisi tersebut sering terjadi. Meski sudah ditutup dengan material oleh masyarakat, namun berselang waktu beberapa lama, tepat di titik itu kembali amblas dan berlubang. Dan terus begitu-begitu saja setiap tahun.

“Pernah dulu akibat lubang itu pengendara terperosok dan empat gigi patah,” sebut Sekdes desa setempat tersebut.

Warga berharap agar kondisi lintasan persis pada bagian kepala jembatan itu bisa segera diperbaiki permanen, dengan cara cor rabat beton sehingga tidak kembali amblas, sebelum menyebabkan jatuh korban. On-MS/AH