Kejari Binjai Susun Master Plan Pembangunan RSU Adhyaksa dan Pusdik Badiklat

oleh -1.371 views
Istimewa.

Binjai–ORBIT: Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai dan Kejaksaan Agung RI merampung Master Plan rencana Pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) type C dan Pusdik Badiklat seluas 33 hektar di Jalan Bejomuna, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

“Master plan ini akan menjadi pijakan pemerintah kota dan masyarakat dalam membangun Binjai dan niatnya adalah untuk kepentingan bangsa dan negara kita, apalagi kita ketahui kota Binjai ini adalah kota penyanggah di Sumatera utara yang komitmennya menuju smart city ,” ujar Kepala Kejari Binjai, Victor Antonius SH MH kepada Orbit, selasa (21/8/2018) di ruang kerjanya.

Victor menjelaskan master plan Pembangunan RSU Type C dan Pusdik Badiklat Adhyaksa tersebut disusun melalui kajian, penelitian, serta survei yang melibatkan para pemangku kepentingan dan akademisi. Arah kebijakan pembangunan bisa dibaca dan disusun sejak dini. Dan dalam waktu dekat Kejari akan mensosialisasikan master plan itu kepada Pemko Binjai dan masyarakat umum.

Victor menambahkan masyarakat kota Binjai sudah menunggu hadirnya salah satu lembaga pusat pendidikan Badiklat dan RSU Type C milik Adhyaksa tersebut. Selain mendongkrak perekonomian, Pemko Binjai juga akan mendapatkan keuntungan karena daerahnya menjadi terbuka.

“Pemko Binjai dan PTPN II sudah menghibahkan seluas 33 hektar tanah eks HGU tersebut kepada Kejari Binjai untuk dikelola. Mudah-mudahan dan Insya Allah akan segera berdiri Rumah Sakit Umum Type C dan unit pendidikan Pusdik Badiklat Adhyaksa untuk segera di bangun di kota Binjai,” harap Victor.

Sementara itu Kasi Intel Kejari Binjai Erwin SH menyampaikan ucapan terimakasih kepada PTPN II, pihak BPN dan Walikota Binjai yang telah memfasilitasi dan mendukung penuh dengan menyediakan lahan seluas 33 hektar untuk lembaga Adhyaksa.

Dalam waktu dekat ini, katanya, pihaknya akan menyampaikan laporan kepada Kejaksaan Agung RI untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.

“Perlu kami imformasikan pembangunan Pusdik Badiklat Kejaksaan Agung RI ini merupakan Pusdik Obyek Vital Nasional. Proses hibah tanah sudah mendekati akhir dan tinggal menunggu proses keluarnya sertifikat. Tanah ini sudah bersih tidak ada mengklaim, jadi tanah ini sudah clear and clean sehingga ini memantapkan bagi lembaga Adhyaksa untuk selanjutnya dibangun RSU Type C dan Pusdik Badiklat,” pungkasnya. 0d-09