Kejari Abdya Dukung Pembagian Lahan Eks HGU PT CA

oleh -77 views

ABDYA| Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat Daya,mendukung rencana pemerintah kabupaten setempat,yang akan membagikan eks lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi (CA) yang berlokasi di Gampong (Desa) Cot Seumantok dan Simpang Gadeng, Kecamatan Babahrot.

Hal tersebut,disampaikan pasca Pemerintah daerah tidak memberikan lagi rekomendasi perpanjangan izin untuk perusahaan tersebut namun bekas lahan PT.CA sudah ada putusan hukum yang berkekuatan tetap (inkrach) dari Mahkamah Agung.

“Putusan hukum sudah jelas dan pada prinsipnya kita mendung pemkab Abdya untuk melakukan eksekusi,sepanjang itu tidak menyalahi aturan dan kita kembali ke prosudur hukum juga jangan mengangkangi keputusan, apalagi lahan tersebut dibagikan kepada masyarakat Abdya,” ujar Kajari Abdya Nilawati SH MH ,Rabu (6/10/2021).

Selain itu,penegasan ini,ia sebutkan usai menghadiri rapat bersama Forkopimkab serta Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Aceh, Indra Khaira Jaya di Banda Aceh.senin 4/10/2021 lalu.

Lanjutnya,secara otomatis menyetujui SK Nomor: 25/HGU/KEM-ATR/BPN/III/2019 tanggal 29 Meret 2019.Dalam SK itu, berisikan persetujuan perpanjangan izin HGU PT CA atas tanah seluas 2.002 hektare ditambah 960 hektare untuk pengembangan petani plasma.