Kebakaran Hutan dan Lahan di Aceh Semakin Meluas Hingga 63 Hektar

oleh -28 views

ACEH SELATAN | Kepala BPBD Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan akibat kemarau panjang sehingga kebakaran hutan lahan gambut semakin meluas hingga sudah mencapai 63 hektar.

“Kita terus berupaya dan berusaha agar pemadaman api dibeberapa titik baik di Kecamatan Bakongan maupun di Kecamatan Trumon itu terus kita lakukan dengan menggunakan peralatan seadanya,” Kepala BPBD Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma kepada orbitdigitaldaily.com, Selasa (23/2/2021).

“Seandainya api ini tidak juga padam maka akan kita cari solusi yang lain yang jelas kita akan lakukan koordinasi kembali bagaimana api yang terus nemangsa lahan dan hutan dapat dipadamkan sepadam padamnya. Sehingga lahan gambut tersebut tidak meluas lagi kebakarannya,” jelasnya.

Diakuinya ekses dari pada asap warga kembali mengeluhkan kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang pekat hingga mengganggu pernafasan serta jarak pandang. Beberapa warga menganggap kondisi hari ini, sangat memprihatikan.

“Sebelum padamnya api dilahan Karhutla kita belum bisa meninggalkan dan beranjak dari lokasi titik api. Ibarat api didalam sekam dibawah hidup diatas berasap tebal terus keluar dengan membara sehingga asap kabut tebal pun menyelimuti kawasan kecamatan Bakongan dan Trumon,” terangnya.

Cut Syazalisma mengatakan tim gabungan BPBD-Damkar, TNI-Polri, BKPH, BKSDA, Manggala Agni Sibolangit, TNGL,dan Masyarakat Peduli Api, telah melakukan upaya pemadaman selama 10 hari dengan sistem aplus sehingga tidak menimbulkan penyakit karena yang dihadapi itu adalah asap apa lagi daerah tersebut sedang dilanda pandemi Covid-19.

Pantauan lokasi sebagian kawasan perbukitan Aceh Selatan beberapa hari lalu hingga kemarin dan hari ini tampak lembah gunung agak berkabut akibat dari pada asap tebal yang terus keluar dari kebakaran lahan dan hutan.

Reporter : Yunardi