Kapolres Langkat Dukung Pelaksanakan UKW Menuju Wartawan Profesional

oleh -142 views
Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok SIK SH siap mendukung pelaksanaan UKW. (Foto/Ist).

LANGKAT I Acara pengukuhan pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Pewarta Polres Langkat, yang digelar di Lapangan Futsal Bharadaksa, Mapolres Langkat, Kamis (13/1/2021) lalu.

Ketua Pokja Budi Zulkifli, SH dalam sambutannya mengatakan seluruh pengurus dan anggota harus menjaga Marwah PWI, karena seluruh pengurus dan anggota Pokja adalah pengurus dan anggota PWI Langkat.

Lalu, seluruh pengurus dan anggota Pokja harus menjaga marwah Polres Langkat, karena seluruh pengurus dan anggota Pokja adalah mitra Polres Langkat.

“Jadi, sebagai mitra ayo tunjukkan, kita adalah mitra yang baik. Apalagi kita adalah wartawan yang sudah berkompeten, karena sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” ujarnya.

Karena itu, Budi mengingatkan, kalau ada berita miring, agar dikonfirmasi terlebih dulu, sehingga tidak melanggar Kode Etik Jurnalistik dan UU Pokok Pers.

Sambutan itu pun langsung ditanggapi Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok SIk SH. Dalam sambutannya, Danu mengucapkan terima kasih, karena seluruh pengurus dan anggota Pokja sudah menunjukkan semangat tinggi dan luar biasa.

Karena itu, Kapolres berharap agar melalui Pokja ini sinergitas antara Kepolisian dan Jurnalis di Langkat bisa terus dijalin dan ditingkatkan.

Dengan demikian, dapat mengcover para juruwarta nakal, yang tidak memiliki media dan belum UKW, namun kerap mengaku sebagai wartawan ‘ yang asli’ dan sudah berkompeten.

“Ya, sampai bingung sendiri kami, karena tidak bisa membedakan mana wartawan ‘yang asli’ dan mana wartawan yang tidak asli,” ujarnya.