Kantor Perizinan Asahan Siap Terapkan Tandatangan Digital

oleh -1.715 views
Kepala DPMPPTSP Asahan, H Darwin Idris (ORBIT/Her)

Kisaran – ORBIT: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Asahan terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan. Saat ini, DPMPTSP kembali akan menerapkan inovasi baru berupa tanda tangan digital bagi pemohon perizinan.

“Kami sudah siap dan pada tanggal 14 Januari 2019 yang lalu kita sudah menandatangani MOU dengan pihak Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi BPPT Pusat,” kata Kepala DPMPTSP Asahan, Darwin Indris Nasution, Senin (11/3/2019).

Menurutnya, persiapan penggunaan tanda tangan digital tersebut sudah selesai dan tinggal penerapan saja, namun masih ada kendala jaringan dan aplikasi dari Kemenkominfo.

Dengan pelayanan sistem online untuk perizinan ditambah penerapan tanda tangan digital kata Darwin, otomatis pemohon tidak perlu lagi datang ke Kantor DPMPTSP.

“Kami sudah mendapatkan sertifikat untuk penggunaan tanda tangan elektronik. Dan Kami sudah siap, namun masih ada kendala jaringan,”ungkap Kadis yang sudah menerapkan zona integritas di lingkungan kantornya itu.

Selanjutnya disampaikan, DPMPPTSP Asahan merupakan Dinas Perizinan yang pertama memperoleh sertifikat penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Sumut yang disertifikasi oleh BJIK – BPPT, dan juga telah melaksakan pelayanan perizinan berusaha melalui Online Single Submission berdasarkan PP 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

“Sistem Online Single Submission (OSS) berdasarkan PP 24 Tahun 2018,” tambahnya.

Masih kata Darwin, saat ini semua penerbitan izin gratis kecuali izin yang dikenakan retribusi daerah yang diatur oleh Perda dan pihaknya mencantumkan nilainya.

“Jika masih ada yang mau bayar tapi di lembar kertas izinnya tercantum gratis, siapa yang belum paham,”pungkasnya. (Od/Her)