Kamu Suka Ngupi? Hentikan Sekarang Tak Mau Kena Penyakit Ini

oleh -207 views
Ilustrasi.

Untuk pertama kalinya, penelitian terbaru di Inggris menemukan fakta pneumokokus dapat ditularkan melalui hidung dan tangan. Salahsatunya adalah melalui mengupil.

Ya, mengorek hidung dapat mengakibatkan penyakit radang paru-paru atau pneumonia. Pneumonia disebabkan oleh bakteri bernama pneumokokus yang menyebar melalui udara atau batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi.

Studi yang dipublikasikan di European Respiratory Journal ini, melakukan pengujian pada sekelompok orang dewasa yang memiliki bakteri pneumokokus di tangan mereka.

Peneliti lalu mengamati perilaku orang-orang itu terhadap tangan dan hidung mereka, termasuk kebiasaan mengorek hidung. Hasilnya, mengorek hidung dapat menjadi salah satu cara penyebaran bakteri yang menyebabkan pneumonia.

“Penelitian ini membuktikan bahwa tangan dapat menyebarkan bakteri,” kata peneliti klinis dari Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital, Victoria Connor kepada AFP.

Connor menyebut, walaupun penelitian ini dilakukan pada orang dewasa, perhatian utama justru harus diberikan kepada orang tua yang memiliki anak-anak, dilansir CNNIndonesia.

Pasalnya, radang paru-paru merupakan salah satu penyakit pernapasan yang bisa mengakibatkan kematian jika tak ditangani segera, terutama pada anak-anak. Secara global, pneumonia membunuh sekitar 1,3 juta balita setiap tahunnya.

“Mungkin tidak realistis untuk membuat anak-anak berhenti mengorek dan menggosok hidung mereka. Tetapi bagi orang tua, memastikan kebersihan tangan yang baik dan kebersihan mainan dapat mengurangi risiko terinfeksi pneumokokus,” tutur Connor.