Jual Gorengan untuk Sekilo Beras

oleh -57 views
Pak Mukhlis dengan dagangan di atas sepedamotornya . (foto/ Karyadi Bakat)

MEDAN l Setiap hari lelaki setengah baya ini mojok di pinggiran ruas Jalan Asrama Pondok Kelapa Medan, tepatnya di samping kiri pintu gerbang masuk Komplek Perumahan Bumi Asri, dia menjual gorengan berupa Risol, Bakwan dan Tahu (RBT).

Dengan menggunakan kendaraan roda dua, Pak Mukhlis memasang steling kecil di bagian belakang tempat duduk sepedamotor, diberi payung untuk sekedar berteduh melindungi barang dagangannya dari terpaan matahari.

Pak Mukhlis merupakan salah seorang dari sekian banyak pelaku usaha kecil yang membutuhkan perhatian terutama oleh pemerintah, apa lagi selama pandemi Covid 19 hampir dua tahun terakhir, kondisi perekonomian keluarga makin terpuruk.

Sebelumnya dia tinggal di kawasan Jalan Rajawali Sei Sikambing, menyewa rumah dekat dengan lokasi tempat dia berjualan, tetapi karena situasi ekonomi yang kurang mendukung, Pak Mukhlis kini terlempar menyewa satu rumah sederhana yang lebih terjangkau di kawasan Kompos Jalan Medan – Binjai.

Dia berjualan gorengan sudah lebih dari lima tahun, nonggok di pinggir Jalan Asrama numpang di halaman sebuah toko swalayan mulai pukul 07.00 WIB sampai siang atau bahkan sore jika dagangan belum habis. Tetapi sesekali Pak Mukhlis keliling mencari tempat nonggok yang ramai agar dagangannya laku.