Jembatan Roboh Diterjang Banjir, Akses Sumbar-Sumut

oleh -199 views
Jembatan yang putus diterjang banjir. Ist

Meluapnya aliran Sungai Batang Ampang Gadang yang berada di Nagari Panti Selatan atau sekitar 25 menit perjalanan dari Lubuk Sikaping, Padang menyebabkan akses lalulintas Sumatera Barat (Sumbar)-Sumatera Utara (Sumut) putus.

Hal itu terjadi lantaran jembatan penghubung putus setelah air sungai meluap akibat hujan lebat yang terjadi sejak Selasa dinihari.

Saat ini, terjadi antrean kendaraan di kedua arah jalan. Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Pasaman, Masfet Kenedi mengatakan, kerusakan jembatan itu menyebabkan jalur Padang-Medan terputus.

“Jembatan itu ambruk karena tergerus air sungai yang meluap,” kata Masfet, Selasa (05/3/2019).

“Itu merupakan satu-satunya jalur penghubung menuju Medan dari tempat kita. Kerusakan jembatan itu menyebabkan jalur Padang-Medan terputus,” jelas dia.

Ia mengaku, tim BPBD bersama pihak terkait dan Kementerian PU-PR sudah berada di lokasi untuk memperbaiki jembatan yang rusak.

“Kita usahakan, bisa secepatnya diselesaikan, karena ini jalur vital. Kendaraan roda empat sama sekali tidak bisa melintas,” lanjut Mafet, dilansir detikcom.

Selain jembatan penghubung, derasnya arus sungai juga merusak satu unit rumah warga yang berada tepat di sisi sungai. Meski demikian, tidak ada korban jiwa yang timbul akibat peristiwa ini.