Itsbat Nikah di Aceh Selatan Diikuti Puluhan Pasutri

oleh -717 views
Buku Nikah. Ilustrasi

Tapaktuan-ORBIT: Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bersama Pemerintah Provinsi Aceh kembali memberikan kesempatan pelayanan terbaik kepada masyarakat Aceh Selatan yang belum memilki identitas tentang kepemilikan buku hak milik pernikahan.

Acara Itsbat Nikah yang dihadiri Bupati diwakil Sekda H. Nasjuddin SH, MM di Aula Dinas Parawisata, Rabu (24/10/2018) penuh antusia. Puluhan pasangan suami istri ikuti Istbat Nikah.

Dalam kesempatan itu, Sekda mengatakan acara ini adalah amanat undang –undang pemerintah daerah. Pemda wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat demi mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan ketetapan identitas hukum masyarakat dengan melaksanakan Itsbat Nikah.

“Hal ini disebabkan pernikahan yang tidak dicatatkan di KUA serta banyak perkara isbat nikah yang telah diputus di pengadilan agama tidak dicatatkan di KUA akibat konflik berkepanjangan di Aceh, dengan tidak tercatatnya pernikahan di KUA, maka tidak dapat dicantumkan nama ayah pada akta kelahiran,” katanya.

Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, lanjutnya mempunyai komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan yang prima dan terbaik kepada masyarakat yaitu selain memberikan pelayanan yang sifatnya rutin bersama kementrian agama Aceh Selatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

“Dengan adanya program ini akan memungkinkan untuk memiliki akta nikah sebagai bukti adanya perkawinan yang sah dan akta kelahiran sebagai bukti kelahiran bagi anak-anak mereka, dengan demikian semoga impian dan harapan mereka menjadi kenyataan memiliki dokumen resmi pernikahan untuk mewujudkan legalitas tertib administrasi kependudukan,” katanya. On.13