Ini Penyebab Pelayanan Cetak KTP dan KIA Terhenti Sementara

oleh -532 views
Kadisdukcapil Yakub, menunjukkan ruang perekaman, yang masih menunggu Ribbon dan Blangko untuk pencetakan. (orbitdgital/Saleh)

ACEH SINGKIL –Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Singkil sementara tidak mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) selama sepekan terakhir.


Hal ini disebabkan stok Ribbon (tinta) serta blanko KTP di Disdukcapil Aceh Singkil sedang mengalami kekosongan selama sepekan terakhir.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Singkil Yakub dikonfirmasi diruang kerjanya Kamis (15/8/2019) mengatakan, saat ini Disdukcapil hanya melayani perekaman saja, untuk pencetakan masih menunggu Ribbon karena stok habis.


Yakub menjelaskan, kekosongan stok Ribbon (tinta) untuk pencetakan KTP maupun blangko terjadi sejak sepekan terakhir.


Begitupun katanya, untuk persediaan Ribbon sudah tersedia dan sedang dalam perjalanan dari Banda Aceh menuju Singkil.

Namun disayangkan, meski ribbon sudah tersedia kendati pencetakan yang direncanakan sudah bisa aktif, Senin mendatang belum juga bisa dilakukan.


Hal ini disebabkan persediaan blangko yang juga kehabisan stok sehingga belum bisa dipastikan pelayanan pencetakan bisa normal Senin mendatang.


Untuk persoalan blanko kata Yakub, merupakan persoalan seluruh Indonesia.

Sebab, kekosongan stok blangko ini kemungkinan disebabkan pasca Pilpres yang banyak digunakan, sehingga kehabisan stok dan saat ini mengalami kekosongan.


Begitupun katanya, pihaknya saat ini sedang berkoordinasi ke Disdukcapil Aceh untuk mencari solusi penanganannya.


Mudah-mudahan ada solusi dari Provinsi, agar senin besok bisa pencetakan, apakah masih ada stok blangko yang bisa dimanfaatkan. “Selama sepekan ini jumlah perekaman masih sedikit, masih 67 orang, yang sudah Print Ready Record (PRR) untuk menunggu pencetakan,” terang Yakub.

Reporter : Saleh