Ini Empat Pesan Rektor USU Untuk Para Alumni

oleh -125 views
Rektor USU, Dr Muryanto Amin S Sos MSi saat acara wisuda secara tatap muka di Auditorium USU, Senin (22/11/2021). Foto/Ist.

MEDAN I Sebanyak 2.495 orang lulusan di Universitas Sumatera Utara (USU) diwisuda secara tatap muka di Auditorium USU, Senin (22/11/2021).

Terdiri dari, program doktor sebanyak 23 orang, program magister 275 orang, program pendidikan dokter spesialis 30 orang, program dokter jenjang magister 31 orang, pendidikan profesi 384 orang, program sarjana 1.555 orang dan program diploma 197 orang.

Rektor USU, Dr Muryanto Amin S Sos MSi dalam pidatonya berpesan empat hal. Pertama, wisudawan harus bangga menjadi alumni USU.

“Sebab, saat ini, kampus hijau USU, telah meraih pengakuan internasional, sebagai salah satu PTNBH di Indonesia, dan kampus terbaik di Indonesia terutama wilayah bagian Barat Indonesia. Terhitung hingga November 2021, USU telah meraih beberapa pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga penilai tingkat internasional,” katanya.

“Untuk pertama kalinya pada tahun 2021 ini berhasil masuk dalam pemeringkatan kampus top dunia tahun 2022 versiQuacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (QS-WUR) di peringkat 1201+ dunia dengan QS Stars 3. Berselang kemudian, Times Higher Education (THE) Impact Rankings, dengan menduduki peringkat ke-15 perguruan tinggi di Indonesia dan peringkat 801-1000 dari 1.115 perguruan tinggi di dunia,” sebut Muryanto Amin.

Pesan kedua, lanjut rektor, setelah wisuda ini, wisudawan harus menjadi alumni USU yang memiliki motivasi kuat di dunia kerja karena bursa kerja sudah hypercompetitive labour market.

Selain itu, harus menunjukkan kemampuan dan passion yang sudah di asah, saat menempuh studi di kampus, kepada dunia industri yang memerlukan solusi dari masalah-masalah yang selalu ditemukan.

Motivasi kuat itu hanya bisa dimiliki jika saudara menjadi problem solver yaitu, alumni yang memiliki ide dan gagasan pemikiran yang rasional dan sistematis mengatasi satu atau beberapa masalah.

“Saudara harus dapat menyampaikan atau mengkomunikasikan gagasan dan pemikiran itu kepada setiap orang yang anda tuju, yang sangat memerlukan dan mendengarkan ide dan pemikiran rasional anda,” jelasnya.