Ini Capaian Keberhasilan USU Sepanjang 2021

oleh -402 views
Rektor USU, Dr Muryanto Amin bersama sejumlah wartawan di Medan. (Foto/Ist).

MEDAN I Universitas Sumatera Utara (USU) merilis pencapaian dan program kerja sepanjang 2021.

Pencapaian itu disampaikan Rektor USU, Dr Muryanto Amin didampingi Wakil Rektor V Luhut Sihombing dan Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia, M.Psi saat silaturahmi bersama wartawan, di Medan, Minggu, (26/12/2021).

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan bahwa USU telah menyiapkan “Exist Program” yang diterapkan dalam kebijakan umum selama lima tahun, yakni fokus dengan Excellent Human Integrity, Smart Friendly and Green Campus, Global Society Impact, Good University Governance dan Sustainable Funding.

Hal itu dilakukan untuk mengejar target/tujuan Renstra USU 2020-2024 dalam mewujudkan internasionalisasi USU, Program Kerja Rektor USU 2021-2026 serta menembus peringkat 500 QS WUR.

Menurutnya program internasionalisasi yang tengah dipersiapkan USU agar proses menuju desain ideal ini mengalami akselerasi, telah digulirkan dan tengah dilaksanakan melalui 6 program prioritas, yakni melakukan revitalisasi kelembagaan dan tata kelola adaptif, adaptasi tugas Tri-Dharma, penataan Infrastruktur, digitalisasi kampus, enterprise kampus, dan kerja sama.

Pada Renstra 2020 -2024 USU memiliki desain ideal yang ingin dicapai yakni USU menjadi universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal. Parameter terukur dari berstandard internasional ini adalah masuk dalam peringkat 500 universitas terbaik dunia (World Class University).

Perubahan tata kelola lembaga yang mulai dilakukan secara bertahap yaitu merevisi struktur organisasi yang agile dan memenuhi capaian kinerja organisasi, meningkatkan kualitas sumber daya dosen dan tenaga kependidikan, merevitalisasi seluruh sarana prasarana dalam prinsip sharing tools dan memperkuat fasilitas laboratorium yang dimiliki.