Ini Alasan APIP Inspektorat Abdya Kesulitan Usut Pengadaan Ayam KUB

oleh -347 views
Kepala Inspektorat Abdya Drs Said Jailani. Ist

Abdya-ORBIT: Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Said Jailani mengaku kesulitan mengaudit pengadaan Ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB) akibat dokumen kelengkapan belum diserahkan.

Dokumen asli yang diminta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk, dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4K) Abdya hingga kini belum diberikan, hanya ada yang tidak resmi.

“Data yang diberi cuma data foto kopi di kertas biasa, tampa dibubuhi stempel dan tanda tangan kepala dinas,” jelas Said Jailani, kemarin.

Selanjutnya ia mengatakan, pihaknya belum mengakui data itu, karena tidak ditandatangani oleh kepala dinas yang bersangkutan. “Data itu tidak legal jika belum ditandatangani dan stempel,” kata Said.

Pihaknya mengakui telah membentuk tim audit, namun terkendala dengan dokumen atau data lengkap dan audit tetap dilakukan, namun sejauh mana pelaksanaan ayam KUB belum dievaluasi.

“Kita belum bisa melakukan apa-apa tanpa ada data lengkap dan resmi. Kita minta data, nanti baru kita cek satu per satu,” sebutnya.

Sementara itu Kepala DPMP4K Abdya Yusan Sulaidi membenarkan data yang diberi belum lengkap. “Itu masih dalam proses karena datanya belum valid,” kata Yusan.

Yusan mengakui, pihaknya sekarang dalam proses pengumpulan data kepada desa-desa. Kata dia, dulu sudah pernah diminta, ada yang sudah memberikan ada yang belum.

“Sejauh ini kita belum bisa mengomentari lebih jauh. Artinya masih dalam proses,” tutupnya singkat.

Seperti diberitakan Kamis (28/2) lalu Sekda Abdya Thamrin, meminta pihak Inspektorat untuk mengaudit anggaran pengadaan bibit ayam KUB yang menggunakan anggaran dana desa tahap II dan III tahun anggaran 2018.

Diketahui, rekanan penyedia ayam KUB untuk 87 gampong dari sembilan kecamatan di Abdya hingga kini pihak pengadaan belum sepenuhnya menyalurkan bibit tersebut.

Dari total 201.841 (100 persen) ekor bibit yang dipesan oleh 87 pihak gampong, rekanan baru menyalurkan 118.072 (52 persen) ekor bibit ayam KUB. On-07