Indahnya Aek Natonang ‘Danau di Atas Danau’

oleh -141 views
Elisabeth Br Samosir salah satu pengunjung di Aek Natonang di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Foto/ Antonius Samosir

SAMOSIR | Danau Toba memang menjadi destinasi wisata favorit jika berkunjung ke Sumatera Utara. Pesona keindahan yang ditawarkan di kawasan danau ini memang tak pernah habis untuk dijelajahi.

Kalau pulau Samosir dikatakan sebagai “pulau di atas pulau. “Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai “danau di atas danau”.

Julukan ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat sekitar dan wisatawan saat menyebut Aek Natonang (Foto) yang berada di Desa Tanjungan Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Aek Natonang di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. (Foto/Ist).

Danau ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan danau penopangnya. Akses jalan yang baik dan mudah dijangkau. Suasana yang menenangkan.

Paduan cantik antara hijaunya sekitar, birunya langit, dan putihnya awan menjadikan danau ini salah satu destinasi wisata Pulau Samosir yang menarik.

Danau Aek Natonang dapat ditempuh mengunakan kendaraan roda empat dan roda dua dari Tomok.

Untuk sampai ke lokasi ini, hanya membutuhkan sekira 40 menit perjalanan. Jalanan yang menanjak juga memberikan sensasi menikmati sisi lain danau Toba dari ketinggian.

Saat memasuki area danau akan disuguhkan dengan pemadangan yang asri, dan udara segar. Tentunya membuat betah untuk berlama-lama di sekitar danau.

Sesuai namanya, Aek Natonang yang terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut memiliki air yang tenang. Kontras dengan kondisi sekitar danau.

Untuk menikmati ketenangan Aek Natonang yang berlatar hutan pinus, Anda bisa duduk di kursi yang ada di bibir danau atau di padang rumput.

“Saat berkunjung kemari hati pun tenang. Pemandangan disuguhkan yang sangat luar bisa indah. Semoga tetap terjaga kebersihannya,” kata Ancos Samosir seorang warga sekitar. Rabu (17/3/2021).

Ia mengaku menjaga kebersihan salah satunya hal utama dalam menjaga keasrian danau Aek Natonang. “Mari tetap menjaga kebersihan danau ini,” ujarnya.

Reporter : Antonius Samosir