Hujan Turun, Sawah Warga Selamat Dari Kekeringan

oleh -1.687 views

Sigumpar – ORBIT : Selama sebulan hujan tidak turun telah mengakibatkan kekeringan di lahan persawahan milik warga di beberapa wilayah di Kabupaten Toba Samosir bahkan sumber air di sejumlah saluran irigasi juga mengalami kekeringan.


Namun kini, para petani sudah bisa tersenyum sebab beberapa hari belakangan ini, hujan sudah turun. Air sudah tampak menggenangi persawahan warga.


Ojak Sianipar, (55) warga Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti saat ditemui di lokasi persawahan miliknya, Minggu (31/3) mengungkapkan rasa syukurnya dengan datangnya hujan itu.


“Sebelumnya saya sudah sangat khawatir, sebab lahan sawah saya sudah kekeringan, bahkan kondisi lahannya sudah pada retak,” ujar Ojak.
Disampaikannya, seandainya hujan tidak datang hingga saat ini, dipastikan gagal panen akan melanda para petani di daerah itu.


Senada juga disampaikan Sumi Siagian, (44) warga Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar. Dirinya dan para petani di desanya tak henti – henti mengucap syukur kepada sang Pencipta atas turunnya hujan beberapa hari ini.


“Puji syukur kami panjatkan atas turunnya hujan ¬†berkat ini. Sekarang, di sawah dan di saluran irigasi sudah tersedia air yang cukup,” syukurnya. Od-BT