Hujan Merata di Wilayah Sumut, Medan Terancam Banjir Lagi

oleh -479 views
Salah satu pemukiman di pinggiran Sungai Deli, Medan,rawan terhadap banjir kiriman. ORBIT/Alif

Medan – ORBIT: Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBKMG) Wilayah I Medan menghimbau kepada masyarakat di pinggiran sungai dan pegunungan untuk selalu waspada terhadap terjadinya banjir dan longsor. September menjadi bulan musim hujan dan sangat beresiko terjadinya dua bencana tersebut.

Menurut Kepala Bidang Data & Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Syahnan, potensi banjir diprediksi masih bakal mengancam sejumlah daerah termasuk Kota Medan. Sebab di daerah pegunungan juga sedang mengalami musim penghujan, sehingga dapat menyebabkan banjir kiriman.

“Kalau daerah pegunungan dan Kota Medan mengalami hujan dengan waktu lama, sudah pasti mendapat air kiriman dan mengalami banjir. Untuk itu, situasi ini perlu diwaspadai masyarakat dan pemerintah setempat,” kata Syahnan kepada wartawan, Senin (17/9/2018).

Dari prediksi BMKG, hujan akan mendera selama tiga hari berturut. “Selama tiga hari ke depan wilayah Sumut secara merata akan menghadapi hujan. Sebab bulan September ini memang merupakan musim penghujan,” ungkapnya.

Selain itu lanjut dia, potensi longsor juga akan terjadi terutama di daerah pegunungan. Lokasi longsor yang rawan sebut dia adalah, Kabupaten Karo, Sidikalang, Pakpak Bharat, dan Kecamatan Sibolangit.

Untuk itu Syahnan mengimbau, kepada masyarakat terutama yang tinggal di pinggiran sungai lebih waspada selama hujan turun untuk menghindari banjir. Begitu juga bagi pengendara yang melintas di daerah pegunungan agar lebih waspadai longsor dan pohon tumbang.

“Untuk angin kencang dan petir/kilat diprediksi berkurang dari sebelumnya,” sebutnya. Od-03

Berita terkait: