Hindari Mobilisasi Arus Mudik, Tim Gabungan Sekat 2 Pintu Perbatasan Palas

oleh -33 views

PALAS | Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Padang Lawas (Palas) bersama unsur Forkopimda akan melakukan penyekatan dengan pengamatan ketat, di dua pintu masuk Kabupaten Palas, mulai Kamis-Senin (06-17-05 2021).

Hal itu dilakukan untuk menghindari mobilisasi arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri yang berkaitan dengan peniadaan mudik lebaran 1442 H tahun 2021, sekaligus pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun dua pos penyekatan pintu masuk menuju Kab. Palas antara lain, Perbatasan Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu Prov. Riau tepatnya di Desa Sungai Korang, Kec. Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas, kemudian Perbatasan antar Kabupaten yakni Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dengan Kabupaten Palas diwilayah Kecamatan Barumun Tengah.

Personel dari Kepolisian Polres Palas bersama TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pemkab Palas dan petugas Dinas Kesehatan akan stanbay berjaga pintu masuk selama 24 jam bagi pemudik yang masuk dan sebaliknya.

Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK melalui Kasat Lantas, AKP. Alfian Arbi, SH mengatakan, mulai 6 April penyekatan secara total.

Alfian menegaskan, pemudik maupun siapa saja yang nekad melanggar portal penyekatan akan langsung disuruh putar balik kembali kedaerah awal.

“Jika tetap membandel dan berani menerobos pembatasan sekat, akan diberikan sanski berupa isolasi selama satu minggu sebagai tindakan pelanggaran”, ungkapnya, Minggu(02/05/2021).

Ia menjelaskan, pos penyekatan di dua titik lokasi yang berada di perbatasan pintu masuk Kab. Palas dijaga ketat oleh petugas gabungan.

Sebelumnya Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) sebelumnya, melalui video coference dengan Gubernur Sumut, Eddy Rahmayadi mengatakan, pihak bersama unsur Forkopimda terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudik saat lebaran.

“Kita sudah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk peniadaan mudik lebaran untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan imbauan protokol kesehatan (Prokes), agar tetap disiplin memakai masker”, imbuh TSO.

Reporter : Bocis