Hebat, Meski Tidak Miliki Komputer Sekolah Ini Mampu Laksanakan UNBK

oleh -338 views

Singkil-ORBIT: Sebanyak 47 sekolah di Aceh Singkil tahun ini seratus persen menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak kemarin.

Meski demikian, dari jumlah tersebut baru 17 sekolah di antaranya yang mampu melaksanakan UNBK secara mandiri di sekolah masing-masing.

Sementara selebihnya, 30 sekolah lainnya terpaksa menumpang di sekolah lain. Alasan, karena tidak ada perangkat komputer sebagai sarana penunjang pelaksanaan ujian.

Hebatnya, ada pula salah satu sekolah yang tidak memiliki perangkat komputer, namun mampu melaksanakan UNBK secara mandiri. Yakni SMP Negeri 3 Suro Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil.

Meski tidak memiliki perangkat komputer, namun tidak menjadikan alasan sekolah tersebut untuk memudahkan para siswa-siswi nya untuk ujian sekolah akhir.

Ketua Panitia Penyelenggara UNBK SMPN 3 Suro, Hermanto Berutu, Selasa (23/4/2019) mengatakan, seperti tahun sebelumnya, akibat keterbatasan komputer menjadi kendala sekolah tersebut untuk menyelenggarakan UNBK.

Meski demikian Kepala Sekolah Darsiah, SPd, tetap berupaya harus mandiri dan melaksanakan UNBK di sekolah sendiri. Alasannya agar tidak merepotkan siswa-siswi peserta ujian karena harus menumpang di sekolah lain.

“Selain rugi waktu, tenaga dan biaya,” sebut Darsiah saat ditemui Orbitdigital.com.

Hermanto menambahkan, dengan jumlah 108 siswa-siswi SMPN 3 Suro, 30 siswa di antaranya telah mengikuti UNBK sejak kemarin. Dengan fasilitas satu unit perangkat komputer milik sekolah, ditambah sembilan unit lainnya pinjam laptop guru dan murid, dengan dua sesi pelaksanaan, dan fasilitas hotspot yang dipasang sekolah.

“Kami berharap, agar ke depan Dinas Pendidikan bisa memberikan bantuan komputer lengkap. Sehingga pelaksanaan UNBK di tahun ketiga mendatang, sekolah tersebut sudah memiliki fasilitas lengkap,” harap Hermanto yang juga wakil kepala di sekolah tersebut. On-MS/AH