Hanya Orang Bodoh yang Tidak Mau Memanfaatkan Ramadan

oleh -21 views

MEDAN l Ramadan adalan bulan yang paling istimewa bagi setiap umat. Tetapi tidak semua orang yang bisa atau mau memanfaatkannya.

Hanya orang bodoh lah yang tidak mau mengambil manfaat dari bulan yang penuh berkah ini.

Demikian makna yang bisa diambil dari ceramah yang disampaikan Al Ustad DR HM Nurdin Amin Lc SH MA dalam pengajian Subuh pada Minggu (18/04/2021) di Masjid Raya Miftahl Iman Medan Denai.

Dikatakan, banyak kitab agama maupun ustad yang menyebutkan tentang keunggulan bulan Ramadan. Bahkan kalau sangsi silahkan cari di Alquran sebagai sumber segala ilmu yang diturunkan Allah.

Selain melaksanakan ibadah puasa yang memberikan banyak manfaat dan berkah dalam kehidupan, melakukan niat baik saja diganjar dengan pahala belipat, apa lagi melaksanakan suatu kebaikan seperti sedekah.

Ikhlas Lilahitaala

Dengan puasa orang bisa terhindar dari perbuatan mungkar, karena Allah selalu melindunginya.

“Yang penting dalam kehidupan sehari hari kita tulus ikhlas lilahitaala,” sebut Ustad Nurdin yang didampingi dua ustad potensial Al ustad M Ridwan Harahap MPdI dan Al ustad Herwansyah SHI (kandidat).

Namun di balik keistimewaan Ramadan sebagai bulan penuh berkah dan pengampunan itu, tak sedikit pula orang yang tidak mau mengambil manfaat atau memanfaatkanya.

Mereka itulah orang yang tidak mau belajar dan mengkaji dirinya sendiri. Siapa dia, dari mana dan untuk apa dia hidup di dunia. Tetapi kalau ditanya dia mau masuk surga, namun tidak mau menjalankan perintah agama sesuai syariat.

Menurut Ustad Nurdin, Nabi Adam AS saja dikeluarkan dari surga dan menghuni dunia yang fana ini hanya berbuat satu kesalahan.

Sedangkan kita manusia sangat banyak melakukan kesalahan maunya masuk surga.

Hendaknya itu menjadi renungan untuk menjadikan kita agar selalu bertaqwa kepada Allah.

“Mari jadikan Ramadan ini sebagai pengasah keimanan, selalu tawadhuk dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganya,” sebut ustad Nurdin.

(Karyadi Bakat SE)