Hanya 3 Tiket ONH yang Diraih Peserta MTQ ke-50 Asahan

oleh -217 views
Ilustrasi ibadah haji/Ist

Kisaran – ORBIT: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan telah menyediakan 4 tiket ongkos naik haji (ONH) sebagai hadiah bagi para pemenang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 2019 tingkat Kabupaten Asahan. Namun, di akhir pelaksanaan MTQ tersebut, hanya 3 tiket yang bisa diraih peserta.

Tiga tiket ONH tersebut diraih oleh Rahmad Agus Riandi dari Kecamatan Air Batu dan Ramona dari Kecamatan Sei Kepayang masing-masing juara putra dan putri cabang musabaqah Tilawtil Quran golongan dewasa. Satu tiket lagi diraih Muhammad Alvisyahri Pakpahan dari Kecamatan Silau Laut pada cabang Musabaqah Hifzil Quran golongan 30 juz putra.

Sedangkan 1 tiket lagi yang disediakan untuk cabang Musabaqah Hifdzil Quran golongan putri, tidak ada yang dapat meraihnya. Sebab, nilai yang diperoleh semua pesertanya tidak memenuhi standar, sehingga tidak ada yang memperoleh gelar juara.

Untuk golongan 30 juz hifdzil putri hanya dapat posisi urutan ketiga atas nama Syamsidar Dalimunthe dari Kecamatan Sei Kepayang.

“Hanya 3 tiket ONH saja yang diberikan Pemkab Asahan kepada peserta MTQ Asahan pada penutupan MTQ kemarin,” kata Kepala Bagian (Kabag) Sosial Sekdakab Asahan, Sunardi SSos di Kisaran, Selasa (12/3/2019).

Sunardi menyebutkan, pelaksanaan MTQ Kabupaten Asahan yang digelar sejak 5 Maret 2019 yang dipusatkan di Kecamatan Silau Laut, resmi ditutup oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya.

Dari kegiatan tersebut, Kecamatan Tanjungbalai berhasil meraih juara umum untuk MTQ serta berhak memboyong piala bergilir Bupati Asahan.

Posisi kedua unutk juara umum ditempati Kecamatan Aek Songsongan, diikuti Kecamatan Air Joman di urutan ketiga dan Kecamatan Air Batu di peringkat keempat.

Dalam acara penutupan, Wakil Bupati Asahan, H Surya, mejelasakan MTQ yang dilaksanakan pada dasarnya merupakan program pemerintah yang bersifat nasional. Pelaksanaannya diharapkan bukan sebagai kompetisi saja, tapi ketika membaca Alquran diharapkan menjadi inspirasi dan spirit dalam menjalankan pembangunan khususnya di Kabupaten Asahan.

Pelaksanan MTQ Asahan diharapkan sebagai sebuah wahana dalam rangka memacu pegembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Alquran. Sedangkan pemberian hadiah tiket naik haji merupakan program Pemkab Asahan.

“Saya ucapkan selamat kepada peserta yang meraih peringat terbaik dalam MTQ, semoga prestasi itu bisa dipertahankan di masa mendatang,” ucap Surya sembari mengajak umat semua komponen agar MTQ terus dijaga dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat. Od/02