Guru Harus Utamakan Sikap Ikhlas dan Bertanggungjawab

oleh -188 views
Guru yang hadir dalam temu ramah bersama Dinas Pendidikan Gayo Lues. ORBIT/Putra

Gayo Lues-ORBIT: Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Galus) melalui Dinas Pendidikan mengadakan temu ramah dengan para kepala sekolah dan guru bersertifikasi tingkat SD-SMP se kabupaten, Rabu (13/2).

Bupati Gayo Lues melalui Asisten II Muhammad Noh SPd menyampaikan, apresiasinya ke Dikjar, para Kepsek dan para guru dengan tercapainya program yang dicanangkan.

Dalam arahannya, Muhammad Noh mengingatkan, seorang guru harus mengutamakan sikap ikhlas dan tanggungjawabnya terhadap beban tugas serta anak didik.

Di kesempatan yang sama, dirinya mengingatkan Dinas Pendidikan untuk mengutamakan guru di daerah terpencil agar bisa diutamakan dan diperhatikan secara lebih.

“Kepada guru yang bersertifikasi kami berharap agar kiranya dapat mengutamakan tanggung jawab kerja dan tanggung jawab mendidik generasi. Jangan lalai dengan peningkatan kesejahteraan, penghasilan lain hingga tugas utama terbengkalai dan menimbulkan berbagai permasalahan dalam pendidikan,” tegasnya.

Kemudian, guru juga harus memperhatikan karakter anak didik, dan harus terus berkembang baik dalam pemahaman dan penanganan sikap anak didik. “Guru sudah bersertifikasi tentunya harus lebih profesional dalam mendidik dibanding yang belum bersertifikasi,” ujar Noh.

Ketua DPRK Gayo Lues, H Ali Husin mengakui ada beberapa permasalahan yang diterima dewan terutama di bagian kesejahteraan guru dan mutu pendidikan.

“Akan tetapi, saat ini permasalahan tersebut sudah terselesaikan dengan baik oleh karena itu kepada bapak ibu guru kami berharap marilah kita perbaiki pendidikan ini dengan mengutamakan tanggung jawab masing masing, sehingga permasalahan tersebut tidak terulang kembali,” jelas Ali Husin.

Hal senada juga dilontarkan oleh Sekretaris Dikjar, Wardana S Pd dia menegaskan, Guru pengawas bisa keluar aplikasi apabila guru sertifikasinya bekerja dengan baik guru bersertifikasi harus aktif mengajar dan bertanggung jawab untuk setiap tugas pokoknya.

Ketua MPD Drs H Abu Bakar Djasbi menyampaikan, acara hari ini merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan. “Sebab saat ini kami masih melakukan peninjauan ke lapangan sesuai tupoksi kami, yakni memantau kegiatan di sekolah terutama mengenai kinerja guru dan kualitas pendidikan,” jelas dia.

Di antaranya juga mengenai guru sertifikasi, Guru berbeda dengan pegawai kantor, dimana tugas guru lebih banyak dengan tanggung jawab yang juga berbeda. “Sertifikasi ini memang sangat bermanfaat bagi guru sebagai tambahan penghasilan namun tentunya juga dengan tanggung jawab yang lebih pula. Oleh karena itu, guru bersertifikasi hendaknya faham dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing,” ungkapnya. On-Put