Gubsu Dampingi Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Program Bedah Rumah di Belawan

oleh -44 views
Gubsu Edy Rahmayadi mendampingi Presiden RI, Joko Widodo meninjau Lokasi kegiatan Bedah Rumah di Lorong 6 Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke -29 Tahun 2022 , Kamis (7/7/2022). Foto/Ist

BELAWAN | Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan tiga unit rumah yang telah selesai direnovasi melalui Program Bedah Rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Lorong IV Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Kamis (7/7/2022).

Program Bedah Rumah dalam rangka puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 tersebut, menerapkan teknologi Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN). Yaitu pembangunan rumah dengan sistem modular, yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda.

Penyerahan rumah ini langsung dilakukan Presiden kepada tiga warga, yaitu Madinah (45) sebagai orang tua tunggal yang memiliki tiga orang anak, Misnah (58) orang tua tunggal dengan dua orang anak dan Menen (39) dengan dua orang anak.

Kedatangan presiden beserta rombongan  disambut penuh gembira ratusan masyarakat. Telihat anak-anak kecil hingga orang tua. Panasnya terik matahari tidak  dihiraukan anak-anak, yang dengan semangat melambaikan bendera merah putih  saat iringan mobil Presiden tiba di lokasi pukul 14.30 WIB.

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah pusat dan daerah akan menata kawasan rumah kumuh dan tidak layak huni yang  hari ini telah mulai dikerjakan oleh Pemerintah Kota Medan. Kemudian nantinya Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR akan kebagian penataan kawasannya.

“Jadi air bersihnya, sanitasinya, jalan kampungnya, semuanya akan ditata biar lebih baik dan masyarakatnya sehat,” katanya.