Gelar Lomba Inovasi TTG, DPMK Galus: Langkah Awal Bergerak Cepat Ikuti Zaman

oleh -476 views
Panitia saat menggelar kegiatan lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna. ORBIT/Putra

Gayo Lues-ORBIT: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Gayo Lues (DPMK Galus) menggelar kegiatan lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kecamatan se-kabupaten di Aula DPMK setempat, Selasa (19/3).

Kepala DPMK H Jata SE MM melalui M Jalim S Pd MM selaku Sekretaris Dinas setempat dalam sambutannya mengatakan, Teknologi Tepat Guna atau yang disebut TTG dilaksanakan dalam rangka mendekatkan masyarakat dengan teknologi, juga untuk meningkatkan akses masyarakat dalam mengetahui masalah ditengah masyarakat.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh dalam upaya mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat, dengan adanya sentuhan TTG diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas dari masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, teknologi tepat guna tidaklah selalu harus berbentuk alat atau mesin, melainkan juga dapat berupa teknologi proses atau produk yang sayap menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan.

“Untuk itu TTG merupakan langkah awal kita bergerak cepat mengikuti zaman sehingga cara-cara tradisional bisa kita efektifkan ke teknologi yang tepat guna untuk memberikan keuntungan lebih besar kepada masyarakat,” jelasnya.

Jalim menambahkan, perlombaan TTG tingkat kecamatan ini merupakan salah satu wujud dukungan pemerintahan untuk pengembangan tehnologi baru terbarukan, yang diciptakan untuk mengatasi berbagai macam persoalan yang menjadi aspek kebutuhan masyarakat.

“Bagi pemenang lomba ini nantinya akan kita ikut sertakan dalam kegiatan gelar pameran teknologi tepat guna 2019 di tingkat provinsi. Dan kita doakan semoga masuk dalam seleksi sehingga bisa ikut serta pada pergelaran pameran teknologi tepat guna di tahun ini di Kabupaten Bener Meriah Juli mendatang,” terangnya.

Kabid TTG, Evarini Kusuma Ningrum SE menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk mendorong motivasi masyarakat untuk mengembangkan daya inovasi TTG yang mempunyai prospek dan dapat dimanfaatkan serta didayagunakan dalam meningkatkan, mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis kepada potensi unggulan daerah.

“Seperti menumbuhkembangkan usaha-usaha baru yang berbasis kepada daya inovasi TTG dalam rangka meningkatkan produktifitas dan mutu produk,” tambahnya.

Kemudian, untuk jumlah peserta ada sebanyak 13 peserta yang sudah mendaftar dan sudah diseleksi berdasarkan kriteria perlombaan yaitu alat yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas pertanian, perikanan, kelautan serta industri kecil dan dari penilaian aspek lainnya.

“Maka kami akan memilih 6 kelompok yaitu terdiri dari, 1 kelompok masyarakat (Individu) dan 5 kelompok berasal dari siswa/siswi SMA Negeri Seribu Bukit,” ungkapnya.

Adapun dewan juri yang akan dilibatkan dalam pergelaran lomba TTG tersebut adalah, Heriansyah Putra (Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif), Nurhaslita Sari (Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna), Suhardi SE (Kabid Pembinaan dan Pengembangan pada DPESDM), Abdul Latif S Ag (Dinas Syariat Islam).

“Keempat dewan juri yang terpilih itu berdasarkan surat keputusan Kepala DPMK Gayo Lues dengan nomor 414/02/2019,” sebutnya. Od-Put