Gedung SMP Negeri 3 Sawang Terancam Tertimbun Tanah Longsor

oleh -111 views
SMPN 3 Sawang terncam tertimbun tanah longsor (foto/Yunardi MIS)

ACEH SELATAN| Lokasi bangunan SMP Negeri 3 Sawang yang dibangun sejak tahun 2010 lalu itu persis posisi bangunannya,  di kaki gunung gampong Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Akibatnya gedung sekolah terancam tanah longsor ataupun bencana alam para siswa siswi bersama dewan Guru SMP Negeri  3 Sawang  mulai was was dan waspada.

Demikian ungkap Plt  Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sawang Sudirman kepada orbitdigitaldaily.com Rabu (12/1/2022) yang turun memantau langsung  kondisi sekolah tersebut.

    
Dengan kondisi demikian asal daerah pergunungan ini didera hujan lebat siswa siswa bersama dewan guru disekolah ini sudah mulai kwatir dan was was,karena selain lapangan amblas ke sungai juga tanah gunung di belakang sekolah mulai turun atau longsor,sehingga  melihat curah hujan yang begitu deras dan lebat para siswa siswi langsung minta pulang demi menghindari hal yang tidak di ingini.

Apa lagi cucuran air yang mengalir dari gunung itu sungguh sangat tajam ditambah lagi curah hujan yang deras dan lebat sehingga teras sekolah tetap menjadi sasaran lumpur kuning.

Kalau pun sore hujan turun, besoknya guru dan siswa siswi sebelum belajar harus bergotong royong terlebih dahulu membersihkan lumpur kuning yang mengalir di atas tras sekolah. Memang menurut amatan orbitdigitaldaily.com di sisi  sekolah tersebut ada lerengan gunung namun sangat mengkwatirkan.