Fraksi Partai Nasdem : Kinerja Dinkes Masih Jauh dari Harapan Masyarakat

oleh -27 views

MEDAN| Kurang cermatnya dinas Kesehatan Kota Medan dalam mendata masyarakat yang dimasukkan kedalam peserta bantuan Iuran (PBI) yang berasal dari APBD Pemko Medan menjadi sorotan Fraksi NasDem DPRD kota Medan. karena masih banyak masyarakat yang terdaftar PBI Medan, sudah tidak layak lagi mendapat bantuan PBI BPJS. Penyebabnya adalah, karena ada sebahagian yang tidak berdomisili di Kota Medan lagi. Bahkan ada yang sudah meninggal dunia, tetapi pemko Medan masih membayarkan iuran BPJS nya.

Kerugian APBD dalam hal ini kami perkirakan bisa mencapai 30 miliar sampai dengan 50 miliar. “Yang seyogyanya dana tersebut dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat,”ujar Afif Abdillah,SE ketika membacakan Pendapat Fraksi NasDem DPRD kota Medan Tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)Pelaksanaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2020 di ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Medan, Selasa, (29/6/2021).

Sambung Afif lagi, dinas kesehatan harus lebih cermat dalam mengajukan anggaran dan mengawasi anggaran yang ada di Puskesmas. “Karena sangat banyak Silpa yang kita temukan seperti realisasi obat dilapangan tidak sesuai dengan angka stok yang tertera. Begitu juga obat-obatan yang banyak mendekati atau melebihi masa kadaluarsa yang masih tersimpan di persediaan dinas maupun UPT di bawah dinas Kesehatan,”ujar wakil rakyat dari Dapil IV Kota Medan ini.