Euw! Perempuan Ini Mau Bikin Tas Pakai Sisa Kaki Hasil Amputasinya

oleh -165 views

Menyimpan bagian tubuh yang diamputasi bagi sebagian orang adalah hal tak lazim. Biasanya, bagian kaki yang sudah diamputasi akan berakhir di tanah.

Namun hal berbeda justru dilakukan seorang perempuan asal Inggris ini. Lantaran tak ingin kehilangan bagian tubunnya, dia ingin membuat tas dari kulit kakinya. Perempuan bernama Joan asal Manchester, Inggris itu, kini tengah mencari desainer yang mau membuat tas dari kulit manusia.

Joan mengutarakan keinginannya itu melalui Sewport, platform produksi garmen internasional yang menghubungkan label dan produsen. Lewat sebuah surat, Joan yang berusia 55 tahun itu bercerita mengenai niatnya itu.

Dalam surat itu, Joan mengaku menderita penyakit arteri perifer dan kaki kirinya akan segera diamputasi dalam waktu dekat. Dia tak ingin bagian tubuhnya itu terbuang membusuk percuma.

“Dapatkah saya menggunakan kaki saya yang diamputasi untuk membuat sesuatu yang indah dan bermanfaat? Saya ingin seseorang profesional untuk membuatnya menjadi tas tangan,” tulis Joan, dikutip dari situs resmi Sewport.

Joan pun menjelaskan model tas yang diinginkannya. Dia mau tas berukuran sedang dengan tali pendek. Bagian tengah dari tas itu akan dibuat dari kulit kakinya sedangkan bagian lain berasal dari bahan lain.

Dia bahkan sudah membuat sketsa tas idamannya itu untuk memudahkan perancang.

“Saya pikir tas tangan adalah bentuk yang paling logis. Pada dasarnya sama dengan tas kulit, tetapi ini dengan kulit saya, ini milik saya, jadi mengapa tidak?” kata Joan.

Joan membutuhkan orang yang memahami pembuatan tas sekaligus mengerti cari mengawetkan kulit hewan dan manusia. Dia sudah menyiapkan 3 ribu poundsterling atau hampir Rp55 juta. Harga ini pun masih fleksibel atau bisa ditawar.

“Saya tahu ini agak aneh dan menjijikkan, dan beberapa orang mungkin berpikir saya gila, tetapi ini adalah kaki saya, dan saya tidak dapat membayangkan bahwa [kaki saya] dibiarkan membusuk di suatu tempat. Itu bagian dari saya dan saya ingin menyimpannya,” ucap Joan di akhir suratnya.

Keinginan Joan ini terinspirasi dari seorang perempuan yang menginginkan gaun terbuat dari rambut ibunya. Dia pun ingin melakukan hal yang sama terhadap kakinya.

Sewport pun lantas mempromosikan keinginan Joan di situs resminya. Mereka mengumumkan tengah mencari perancang atau pembuat tas yang bersedia membuat tas dari kulit kaki.

“Kreativitas tidak mengenal batas dalam mode, dan di dunia saat ini desainer bekerja dengan berbagai bahan untuk menghidupkan visi mereka. Kami membutuhkan seseorang yang telah bekerja dengan kulit binatang dan bersedia untuk merawat sejumlah kecil kulit manusia dan menggunakannya untuk membuat tas tangan,” kata perwakilan dari Sewport Boris Hodakel.