Empat Pilar MPR RI Disosialisasikan di Tobasa

oleh -198 views

Balige-ORBIT: Sikap Hospitality (ramah tamah) dan rasa cinta tanah air sangat dibutuhkan dalam tolok ukur perkembangan pariwisata di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), terlebih sinergitas empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945,Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tobasa Audi Murphy Sitorus, pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Balige, Selasa (9/4).

Menurut Murphy, nilai yang dianut oleh masyarakat suatu negara, filosofi dan prinsip keyakinan yang dianut oleh suatu negara digunakan sebagai landasan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, untuk pembangunan yang maksimal, untuk kemajuan pariwisata kabupaten ini.

Pilar kebangsaan harus kokoh dan kuat untuk menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar, menjunjung nilai budaya yang mengutamakan norma adat yang santun dan beradab, agar wisata kita semakin berkembang.

“Pilar kebangsaan Indonesia yang berupa belief system harus dapat menjamin terwujudnya ketertiban, keamanan, kenyamanan, keadilan, dan kesejahteraan,” kata Murphy.

Sikap hospitality sangat dibutuhkan untuk peningkatan wisata di Kabupaten Toba Samosir. Sikap keramahtamahan yang dimiliki pelaku wisata di Kabupaten Toba Samosir, yaitu hospitality dikenal hanya pada orang-orang yang memang berkecimpung di bidangnya saja, seperti pelaku wisata.

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tobasa ini bertujuan untuk peningkatan pemahaman idiologi Pancasila dalam mendukung peningkatan Pariwisata di Kabupaten Tobasa yang santun.
Sosialisasi ini dihadiri Sekretaris Jenderal Ma’ruf Cahyono, staf khusus DPD Edison Manurung beserta rombongan, ratusan peserta dari ASN, pelaku wisata, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(Od-Bbt)